UA-163642268-1

Normalisasi Jaringan Irigasi Pokmas Ngudi Rejeki Penunjang Sarpras Pertanian


ARYA-MEDIA | Madiun – Menghadapi musim tanam di akhir tahun 2020, Kelompok Masyarakat (Pokmas) dari Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Jawa Timur, mendapatkan bantuan program P3TGAI dari pemerintah pusat.

Para petani yang tergabung dalam HIPPA Ngudi Rejeki tersebut, melakukan perbaikan saluran irigasi yang ada di desa setempat. Dalam pelaksanakannya, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Pengerjaan proyek ini dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat ,mulai dari pengadaan material, pasir, batu dan tenaga kerja, semuanya dari warga sekitar,” kata Koestomo, ketua HIPPA Ngudi Rejeki, Selasa (01/12). 

Baca Juga :  Pasangan Mesum Disiang Bolong, Tertangkap Satpol PP Di Warung Kopi

Disisi lalin, Kepala Desa Sewulan, Sukarno mengatakan, perbaikan saluran yang menelan anggaran Rp. 195 juta, diperoleh dari bantuan pemerintah melalui kementrian PUPR, dalam Program Percepatan Pembangunan Tata Guna, Air Irigasi ( P3TGAI)  tahun anggaran 2020.

“Dalam pelaksanakan nurmalisasi saluran irigasi yang dilaksanakan oleh Hippa Ngudi Rejeki, merupakan bantuan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca Juga :  Penutupan Saka Wira Kartika Angkatan ke IV Kwarcab Kodim 0804 Magetan 2019

Dengan adanya bantuan tersebut, dapat meringankan beban desa dalam peningkatan insfrastruktur yang ada di Desa Sewulan. “Pelaksanaannya juga dengan cara padat karya, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat dengan upah kerja yang sesuai,” jelas Sukarno, (01/12).

Selain itu, pelaksanakan pembangunan nurmalisasi saluran tersebut sesuai dengan kwalitas, baik dari sisi material maupun mutu bangunan. “Pelaksanaannya juga berpedoman pada gambar dan arahan dari pendamping dan pemerintah desa. Terima kasih dan kami berharap bantuan ini dapat terus kesinambungan, karena masih banyaknya saluran yang perlu diperbaiki,” pungkasnya. (Utg/Redk)

 1,325 total views,  2 views today

Baca Juga :  Ungkapan Buruh Pabrik di Magetan, Tuntut Gaji Karyawan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!