UA-163642268-1

Nyadranan Girikerto Music Camp, Sebagai Wujud Promosi Destinasi Wisata Di Ngawi


ARYA-MEDIA, Ngawi – Dalam rangka mempromosikan potensi wisata di wilayah Kabupaten Ngawi, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga (Disparpora) Kab. Ngawi, apresiasikan kegiatan di Desa dengan tema acara “Girikerto Music Camp”. Bertempat di sumber air koso, dalam menyambut tradisi nyadran, di desa Girikerto, kecamatan Sine, Kab. Ngawi.

Tradisi Nyadran yang digelar 2 hari mulai tanggal 15-16 Juni 2019, digelar secara turun temurun mempunyai daya tarik tersendiri. Sehingga, dengan ditambahkan Girikerto Music Camp, nuansa sadranan di Desa tersebut menjadi semakin istimewa.

Sadranan atau dikenal dengan sedekah bumi, menyimbolkan rasa syukur dan terima kasih warga masyarakat atas melimpahnya air yang terus mengalir dari mata air sumber koso di Desa tersebut. Sebagai pembukaan acara, dihadiri oleh Wakil Bupati Ony Anwar yang didampingi oleh Rohmad Didik Porwanto selaku Kepala Disparpora Kab. Ngawi.

Baca Juga :  Tampung Aspirasi Rakyat, Sandiaga Uno Safari Politik Di Probolinggo

“Sebagai pemangku kebijakan, kita merasa bangga dan akan senantiasa berusaha mefasilitasi keinginan para generasi penerus kita yang kreatif ini. Agar nantinya bisa bersinergi baik dengan pemerintah Kabupaten Ngawi dalam rangka meningkatkan potensi yang ada di kabupaten Ngawi ini.” Ungkap Wabup dalam sambutannya, Sabtu (15/6/2019).

Disisi lain, Kepala Dinas Disparpora Ngawi Rohmad Didik Porwanto juga mengungkapkan, Girikerto Music Camp ini merupakan wujud dari pengenalan wisata Ngawi dan juga tradisinya. “Harapanya, dengan adanya agenda ini, Ngawi bisa lebih dikenal, dan banyak yang berkunjung untuk menikmati wisata maupun budaya Ngawi yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Magetan Launching ADM ke-3

Sedangkan, pada hari kedua yaitu pada tanggal 16 Juni 2019 pagi hari, acara Girikerto Music Camp dilanjutkan dengan Panggang Bucu oleh warga tersebut dengan berkumpul di lapangan desa setempat, tepatnya berada di sisi barat kolam, sambil membawa tumpeng. Ritual tersebut mulai dengan ‘Sirat-siratan’. yaitu prosesi saling memercikan air yang dilakukan anak muda di dalam kolam. Setelah itu, acara di tutup dengan pembacaan doa bersama dan pembagian makanan.

Baca Juga :  Sendang Umbul Dipercaya Sarana Meditasi

Sebagai informasi, acara Sadranan yang digelar tersebut, merupakan seremonial dalam rangkaian acara Girikerto Music Camp 2019. Sedangkan untuk acara Sadranan yang sesungguhnya, akan diselenggarakan pada bulan Agustus setiap Sabtu Pahing (penanggalan jawa) setiap tahunnya. (ren)

 

 2,410 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!