Operasi Lilin Semeru 2019, Polres Ngawi Libatkan 400 Personil


ARYA-MEDIA, Ngawi – Operasi Lilin Semeru 2019 di seluruh Indonesia, melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan. Terdiri dari 121.358 personil Polri, 17.19 personil TNI, serta 55.259 instansi pendamping  di antaranya Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan,SenKom, PMI, dan PMK. Hal itu disampaikan Kapolres AKBP Dicky Aryo, dalam apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 di Lapangan Merdeka Ngawi Kamis (19/12/2019).

Kapolres Ngawi mengatakan, kekuatan personil akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Berdasarkan prediksi, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus antisipasi aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadahan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba atau minuman keras.

““Untuk mengantisipasi hal itu, semangat dan rasa kebersamaan untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanan tugas. Di Ngawi sendiri melibatkan 400 personil dari kepolisian, dan tidak mungkin dibantu dari pasukan gabungan dari unsur lainnya di kabupaten Ngawi,” ujar kapolres Ngawi, Kamis (19/12).

Operasi Lilin Semeru tahun ini, akan dilaksanakan serentak selama 10 hari, mulai hari Senin 23 Desember 2019 sampai dengan 1 Januari 2020. Sedangkan fokus pengamanan, dilakukan pada 61.308 objek, dengan membuat pos pengamanan.

Adapun tempat yang menjadi obyek-obyek vital, diantaranya seperti gereja, pusat-pusat perbelanjaan, jalur-jalur rawan macet seperti jalur tempat terminal, stasiun, dan tol.

Kapolres Ngawi menghimbau, seluruh personel untuk meningkatkan kewaspadaan, memetakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah. “Pendekatan dengan elemen masyarakat, memperkuat sinergitas Polri dengan stakeholder, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas AKBP. Dicky Aryo kepada Arya Media.

Diberitahukan bahwa, dalam kegiatan tersebut dihadiri segenap unsur pimpinan daerah, para pejabat TNI, Polri, dan instansi lainnya, serta para tamu undangan dan peserta apel gelar Pasukan. (endik)

 763 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!