UA-163642268-1

P3TGAI Desa Blimbing, Terapkan RAB Dengan Bahan Material Kualitas Baik


ARYA-MEDIA, Madiun – Kelompok HIPPA “Tirto Lestari” yang berada di Desa Blimbing, kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, adalah salah satu penerima Program Percepatan Perbaikan Tata Guna Air (P3TGAI) tahun 2019, dari 38 Desa penerima bantuan dari pusat sebagai tahap pertama di wilayah kabupaten Madiun.

Diketahui bahwa, Program P3TGAI adalah salah satu program padat karya yang diluncurkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Selain bertujuan untuk penataan jaringan irigasi kecil dengan wilayah cakupan kurangdari 150 ha lahan pertanian, juga sebagai pemberdayaan masyarakat, khususnya anggota kelompok HIPPA sebagai penerima.

Sesuai informasi yang dihimpun Arya Media, karena Desa Blimbing terletak di daerah pegunungan dengan keadaan geografis perbukitan, maka dalam pelaksanakanya banyak kendala yang harus dihadapi, seperti letak saluran yang berada di sebuah tebing. Namun, dengan demikian pelaksanaannya perlu diapresiasi karena baik dari sisi material maupun pekerjaannya mempunyai kualitas sangat baik.

Baca Juga :  Program P3TGAI 2019, Perbaiki Saluran Irigasi Desa Purworejo
Slamet, Kepala Desa Blimbing, Kec. Dolopo, Kab. Madiun.

Saat ditemui Ketua HIPPA Tirta Lestrai, Sukarno mengatakan, bahwa tenaga kerja yang dipergunakan adalah semua petani anggotanya sendiri. Biarpun dalam prakteknya harga material jauh diatas dari harga RAB, karena disebabkan lokasi Desa yang berada di daerah pegunungan tapi masih menggunakan bahan material dengan kualitas baik.

Baca Juga :  Gubenur Bersama Forkoimda Jatim Pantau Posko Penyekatan Ngawi, Kapolda : Pemudik Sudah Sesuai Dengan Ketentuan Yang Berlaku

“Kami berusaha menggunakan bahan yang baik, bahkan seperti batu muka kami medatangkan dari kecamatan Gemarang yang jaraknya sangat jauh..Hal itu kami lakukan agar bangunan ini bagus dan awet,” ungkap ketua HIPPA Tirta Lestari, Rabu (24/7/2019).

Sementara, Slamet selaku Kepala Desa (Kades) Blimbing mengungkapkan, bahwa program P3TGAI yang diterima oleh kelompok HIPPA Tirta Lestari, sangatlah membantu para petani yang ada di desanya. “Karena masih banyak jaringan irigasi yang memerlukan pernbaikan, program P3TGAI ini sangat membantu Pemerintah Desa (Pemdes) dalam meningkatkan produksi pertanian yang pada akhinya akan meningkatkan pendapatan petani,” terangnya.

Baca Juga :  Tahun Baru 2018, Pemkab Magetan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk 

Slamet juga menjelaskan, bahwa dalam proses pelaksanakan pembangunan program P3TGAI di Desanya, Ia berpesan kepada semua pengurus HIPPA Tirto Lestari agar dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan desain gambarnya.

“Kami sudah berpesan kepada semua pengurus dan pelaksana pembangunan, agar diterapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan melenceng dari RAB dan gambarnya,” jelas Slamet kepada Arya Media, (24/7).

Selain itu, Kepala Desa Blimbing juga mengucapkan banyak terima kasih  kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat, atas program P3TGAI di desanya. “Harapan kami semoga  bantuan ini bisa berkesinambungan untuk pembangunan selanjutnya,” pungkasnya. (utg/ren)

 

 3,975 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!