UA-163642268-1

Padat Karya P3TGAI Di Kabupaten Madiun, Tingkatkan Produktifitas Pertanian HIPPA Mulyo Agung


ARYA-MEDIA, Kabupaten Madiun – Salah satu program padat karya yang di rintis oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melalui Program Percepatan Perbaikan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), bertujuan untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian, melalui perbaikan rehabilitasi peningkatan jaringan irigasi kecil atau dengan luas lahan kurang dari 150 hektar.

Adapun aspek yang ditentukan dalam rehabilitasi jaringan irigasi yaitu, irigasi tersier dan irigasi yang ada di desa, dengan cara pemberdayaan dari Perkupulan Petani Pemakai Air (P3A).

Diketahui bahwa, program P3TGAI tersebut, bersumer dari APBN tahun anggaran 2019 dengan nilai 195 juta, dengan sistem pelaksanaan swakelola. karena adanya rasa memiliki dari setiap anggota P3A. Harapannya adalah, dapat menciptakan kwalitas lebih baik dari segi material maupun bangunannya.

Baca Juga :  Gegerkan Warga, Penemuan Mayat di Waduk Pondok Ngawi Diduga Gantung Diri
Alek Susanto, Kepala Desa Desa Kebon Agung, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Hal ini juga dialami oleh Himpunan Pertanian Pemakai Air (HIPPA) Mulyo Agung, di Desa Kebon Agung, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, yang diketuai oleh Ismanan menuturkan, dalam pelaksanaan program P3TGAI yang didapatnya, berjalan cukup baik dan lancar.

“Program P3TGAI ini sangat membantu para petani disini. Dengan adanya Program P3TGAI ini masalah kebutuhan air untuk mengaliri lahan pertanian dapat tercukupi, sehingga dapat menekan tingkat kehilangan air pada umumnya,” kata Ismanan, Jum’at (5/7/2019).

Baca Juga :  Siapkan Mutu Pendidikan Berkualitas, SMKN Kartoharjo Siap Bersaing!!!

Di tempat terpisah, Kepala Desa Kebon Agung, Alek Susanto menyampaikan, bahwa program P3TGAI dari Pemerintah tersebut, sangat bermanfat bagi petani di desanya.  “Selain menunjang visi misi Desa, program ini dapat meningkatkan produktifitas pertanian dan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya kepada Arya Media.

Selain itu, karena mayoritas penduduk desa Kebon Agung penghasilan dari pertanian, KepalaDesa Kebon Agung berharap program P3TGAI di desanya dapat berjalan secara berkala dan baik.

Baca Juga :  Dinilai Tidak Transparan, FPPA Minta Plt Kadinkes Pacitan Mundur Dari Jabatan

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab yang telah memberikan bantuannya. Dan kami berharap program seperti ini dapat berjalaan secara berkesinambungan,” pungkasnya. (utg/ren)

 4,448 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!