Pagelaran “Suran Seni Budaya 2018”, Sebagai Upaya Seniman Membangun Seni Budaya Bangsa


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam atau dikenal dengan 1 Suro / 1 muharram, dan Hari Jadi Magetan yang ke-343, para seniman se-Kabupaten Magetan mengadakan pagelaran seni budaya dengan tema “Suran Seni Budaya Kabupaten Magetan Tahun 2018”, bertempat di lapangan Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Magetan, (5/10/2018).

Acara yang digelar dua hari dua malam (5 September – 6 September), melibatkan seluruh seniman yang ada di Kab. Magetan, dengan tujuan membangun seni budaya Bangsa yang berdasarkan kearifan lokal masyarakat Magetan, sebagai upaya memberikan apresiasi tentang kemajuan kebudayaan yang ada.

Tak heran suasana lapangan Desa Purwodadi menjadi ramai dengan hingar bingar suara alunan musik tradisional dengan disambut ribuan orang yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pagelaran Suran Seni Budaya tersebut.

Baca Juga :  Dituding Usaha Ilegal, Dirut CV. Smart Herb Indonesia Angkat Bicara

Saat ditemui Hery Sumasto selaku panitia pelaksana sekaligus Ketua umum Dewan Kesenian Magetan (Desima) mengatakan, Suran Seni Budaya ini adalah merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh para seniman yang ada di Magetan. “Acara ini adalah yang ketiga kalinya para seniman menggelar seni Budaya, yang dilakukan pada bulan Suro untuk memperingati Tahun Baru Islam”, kata Hery.

“Suran Seni Budaya ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, atas tahun yang lalu telah diberikan anugrah dan limpahan rezeki serta kesuksesan yang luar biasa bagi para seniman se-Kabupaten Magetan”, ungkapnya.

Baca Juga :  Selain MPP, Kemen PAN-RB Apresiasi Layanan Publik Polres Magetan

Lanjutnya, “untuk tahun 2018 ini kami berharap dengan apresiasi seni ini, Pemerintah Magetan agar peduli dan memperhatikan seni budaya sebagai soko guru yang memberikan penghargaan terhadap nilai-nilai adiluhung Bangsa”, terang ketua Desima pada Arya-Media (5/10).

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Magetan Bambang Setiawan melalui Sekertaris Kebudayaan Winarto dan juga sebagai penasihat pelaksana sekaligus pencetus ide mengungkapkan bahwa, Kegiatan ini adalah yang ketiga kalinya diadakan di Magetan, sebagai ajang transformer untuk menyatukan semua budaya yang ada di Magetan.

Baca Juga :  Tampung Aspirasi Rakyat, Sandiaga Uno Safari Politik Di Probolinggo

“Ada 33 jenis genre seni yang kita tampilkan dalan Suran Seni Budaya ini. Yang mana dilakukan tiap tahun sekali dalam rangka suran makanya kita ambil tema “Suran Seni Budaya Tahun 2018”. Semoga kedepannya, semua seniman dan budayawan yang ada di Magetan semakin ikut andar beni untuk mendukung kegiatan seperti ini, karena kegiatan ini merupakan kegiatan dari para seniman yang ada”, pungkasnya. (ren/redk)

 1,586 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!