Pandemi Covid-19 : Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Pasaran Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya


ARYA-MEDIA, Magetan – Mamasuki bulan Ramadhan yang ke 20 hari dan Lebaran Idul Fitri 1441 H tahun 2020 yang berkurang 10 hari saja, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional masih normal. Walaupun beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, namun tidak begitu melonjak drastis.

Tidak seperti tahun sebelumnya, saat menjelang Lebaran Hari Raya, harga kebutuhan pokok seperti daging sapi dan ayam, telor, bumbu dapur dan beberapa kebutuhan lainnya melonjak naik hingga 30-50 %. Namun menghadapi pandemi Covid-19 tahun 2020 saat ini, justru harga  daging sapi dan lainnya masih tetap stabil. Namun, ada kenaikan beberapa bahan pokok seperti telor ayam, daging ayam, dan rempah-rempah juga mengalami sedikit kenaikan.

“Harga telor yang turun, dan beberapa bumbu dapur seperti bawang mengalami kenaikan. Justru cabe saat ini sedang turun mas,” kata Jariyatun, pedagang di pasar Glodog Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Kamis (14/5/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Drh. Kustini, M.Si. menjelaskan, pihaknya sebelumnya telah melakukan pemantauan untuk stabilisasi harga kebutuhan seoerti telor ayam di pasaran yang mengalami penurunan.

“Kita lakukan pemberdayaan kepada para peternak ayam dan petelor, dengan membeli hasil panen mereka. Dengan kategori peternak dengan kapasitas 3000 ekor,” terang Kustini, Kamis (14/5).

Dijelaskan Kustini, hasil pembelian hasil panen dari para peternak, digunakan sebagai kebutuhan pokok dalam penanggulangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Magetan.

“Telornya untuk campuran susu sebagai tambahan protein yang dibagikan ke dinas instansi seKabupaten Magetan. Dan daging ayamnya, digunakan sebagai lauk pauk untuk dapur umum dalam membantu warga terdampak Covid-19,” jelasnya kepada Arya Media.

Sementara itu, dikonfirmasi kepada Sucipto, selaku Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Magetan, terkait tindakan yang dilakukan sebagai antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional, pihaknya belum memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Sebagai informasi, harga kebutuhan pokok di pasaran, seperti bawang meran, bawang putih, ayam pedaging, dan gula, sedang mengalami kenaikan. Sedangkan kebutuhan lainnya, justru masih stabil dengan harga normal. (Ren)

 705 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!