Pantau Terminal, Pemkab Magetan Sterilisasi Pemudik Pulang Kampung


ARYA-MEDIA, Magetan – Tim gabungan bersama Gugus Tugas Kabupaten Magetan, menyambut kedatangan perantauan asal luar daerah dengan mensterilisasi setiap warga masyarakat yang hendak pulang ke Magetan. Bertempat di terminal Maospati Kabupaten Magetan, Minggu malam (29/03/2020).

Dari pantauan Arya Media di lokasi, kedatangan warga yang merantau ke luar daerah, harus melalui bilik sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan. Para pemudik juga diperiksa petugas kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh pendetektor adanya Virus Corona (Covid-19).

Pelaksana tugas Gugus Tugas Pencegahan Penanggulangan Bencana Covid-19, Ari Budi, sekaligus Kalaksa BPBD Kabupaten Magetan mengatakan, seluruh pemudik tujuan dari Jakarta Bogor harus melewati bilik sterilisasi dan thermo gun untuk mendeteksi adanya virus Covid-19.

“Semua pemudik kita data dan di cek kesehatannya, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” kata Ari Budi, Minggu (29/03).

Disisi lain, Kepala Dnas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan, Joko Trihono mengungkapkan, sebanyak kurang lebih 7 bus dengan 100 penumpang yang masuk dari derah Jakarta, dilakukan sterilisasi dengan pengecekan kesehatan menggunakanThermo Gun. “Alhamdulillah sampai saat ini hasilnya negative, atau tidak ada tanda-tanda penumpang yang sakit (sehat),” ungkapnya.

Joko berharap, kepada semua pemudik asal luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. “Data kita serahkan ke Puskesmas masing-masing wilayah, untuk memantau kesehatan warga yang mudik ke Magetan,” jelasnya kepada Arya Media, (29/03).

Selain itu, Kepala Dishub juga menghimbau, kepada para agen Bus antar provinsi untuk tidak memberangkatkan semua masyarakat yang hendak pulang kampung. “Sesuai informasi yang kita terima, semoga malam ini hari terakhir bagi warga Magetan yang akan pulang kampung,” pungkasnya. (Ren)

 7,160 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!