Parade Seribu Tumpeng, Jadikan Magnet Wisata di Kabupaten Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Sebanyak 1.200 tumpeng berbagai ukuran, disajikan dalam acara Parade 1.000 Tumpeng. Ribuan tumpeng tersebut, dibuat oleh warga Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Sabtu (28/9/2019).

Acara yang digelar oleh Desa dengan icon Taman Wisata Genilangit ini, untuk memperingati HUT Desa Genilangit yang ke-236. Berbagai ukuran tumpeng yang terbuat dari hasil bumi tersebut, sebanyak 1.200 ukuran mini, 12 tumpeng ukuran sedang, dan 1 ukuran besar, diarak berjalan mengelilingi Desa setempat.

“Kegiatan seperti ini bagus, karena mengutamakan kearifan lokal. Dan ini harus kita jaga dan terus kita lestarikan, agar terus berkembang,” kata Bupati Magetan Suprawoto, (28/9).

Disisi lain, Sunarto selaku pemuda karang taruna desa mengungkapkan, bahwa dengan adanya acara Parade Tumpeng tersebut, menjadikan magnet wisata kedua bagi Desa Genilangit yang berada di wilayah Kabupaten Magetan.

“Parade Tumpeng kali ini, mengambil tema “Genilangit Selalu Dihati”. Yaitu dengan harapan kedepan, bisa menjadikan warga masyarakat Desa Genilangit, semakin guyub rukun, makmur dan sejahtera,” jelas Sunarto, kepada Arya-Media (28/9).

Selain itu, di akhir acara berlangsung, ribuan tumpeng tersebut dibagikan kepada seluruh warga masyarakat untuk bersedekah. “Bahkan, salah satu tumpeng besar yang terbuat dari hasil bumi, diperebutkan warga dan pengunjung. Sehingga membuat acara ini semakin semarak dan meriah,” pungkasnya.

Sebagai inforasi bahwa, berkembangnya wilayah Genilangit adalah atas keberhasilan Pemerintah Desa dengan pemuda-pemudi karang taruna, menjadikan objek wisata andalan desa dengan ide kreatifnya. Bahkan Taman Wisata Genilangit menjadi salah satu penggerak ekonomi desa dan salah satu destinasi andalan di Magetan. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *