UA-163642268-1

Pasca Bencana, Bupati Bojonegoro Tinjau Lokasi di Beberapa Wilayah


ARYA-MEDIA | BOJONEGORO – Banjir yang menjerjang wilayah Bojonegoro Jawa Timur, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, tinjau langsung jembatan putus akibat diterjang banjir bandang, di Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander, Jumat (22/01/2021).

Putusnya jembatan tersebut, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir bandang, pada Rabu (20/1) kemarin. Sekira pukul 17.00 WIB hingga malam, luapan air bah tiba-tiba datang yang menyebabkan bencana banjir.

Selain itu, dampak dari hujan yang cukup lebat dan berkepanjangan, menimbulkan banjir di sejumlah wilayah di Kecamatan Dander, diantaranya di Desa Kunci, Desa Sumberarum, Desa Dander dan Desa Jatiblimbing. Pun demikian, wilayah Kecamatan Sekar, Kecamatan Gondang, serta Kecamatan Kapas dan Bojonegoro Kota juga dilanda banjir.

Baca Juga :  "Jenggoro Karas" : Pemerintah Peduli ODGJ, 1 Penderita Sembuh dan Dipulangkan

Danramil Dander, Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu, menghimbau kepada warga agar tetap waspada dan tanggap bencana guna mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana. Sehingga, dampak kerugian dari bencana seperti banjir yang terjadi dapat diminimalisir sejak dini.

“Hendaknya warga masyarakat terus waspada dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” ujar Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu, Jum’at (22/1).

Baca Juga :  Forkopimda Jatim Perketat Repatriasi Kedatangan PMI

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, menjelaskan bahwa, sebagai langkah awal pihaknya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk membuka beberapa pintu air dan melakukan penyedotan dengan pompa agar air genangan cepat surut.

Selain itu, pihaknya juga memerintahkan dinas terkait untuk segera mempersiapkan dan melakukan penanganan kedaruratan, dilanjutkan dengan perbaikan jembatan serta penertiban bangunan sekitar sungai dan normalisasi sungai.

Baca Juga :  Larangan Parkir Liar di Trotoar, Dishub Himbau Ajukan Permohonan

“Pemkab akan segera melakukan penanganan kedaruratan berikut perbaikan. Agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan bila terjadi bencana susulan,” jelas Bupati Bojonegoro, Jumat (22/01).

Diketahui bahwa, Kapolres Bojonegoro, AKBP E.G. Pandia, SIK., MM., MH., Kepala Dinas PU SDA, Kepala Dinas PU Bina Marga, jajaran Forkopimcam Dander, serta Kepala Desa dan Perangkat Desa Jatiblimbing. (Pen/Redk)

 819 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!