Pelaksanaa P3TGAI HIPPA Tani Manunggal, Harapan Petani Desa Dagangan


ARYA-MEDIA | Madiun – Pemerintah pusat melalui kementrian PUPR, meluncurkan program Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), dalam pendukung program ketahanan pangan Nasional, sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Salah satunya penerima program P3TGAI tahun 2020 saat ini adalah, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa TImur. Sebagai penerima bantuan tersebut yaitu kelompok HIPPA “TANI MANUNGGAL”, yang dipimpin oleh Suyut warga setempat.

“Program ini ditempatkan di areal persawahan Panggung, dengan anggaran sebesar Rp.195 juta, yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2020,” ujarnya, Minggu (18/10/2020).

Dari pantauan Arya Media di lokasi, dalam praktek pelaksanaannya dengan menerapkan sistem padat karya. “Pelaksanaannya sesuai arahan dari Kepala Desa maupun dari pendamping,” ujar Suyut, saat berada di lokasi pengerjaan proyek.

Sementara itu, Rudi Panca Widadi selaku Kepala Desa (Kades) Dagangan saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan bahwa penyaluran Program P3TGAI di Desa Dagangan, diberikan kepada Kelompok HIPPA Tàni Manunggal dengan sistem padat karya.

“Pprogram ini sangat bermanfaat guna meningkatkan hasil pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Dagangan khususnya petani. Apalagi dikerjakan dengan cara padat karya, hal itu dapat mengurangi pengangguran dan bermanfaat bagi warga desa di saat pandemi COVID 19 saat ini,” ungkap Kepala Desa, Minggu (18/10).

Rudi berharap, program tersebut dapat berkesinambungan karena sangat bermanfaat bagi para petani dan membantu pemerintah desa dalam pengembangan insfrastruktur di desa.

“Terima kasih atas bantuan P3TGAI untuk kelompok HIPPA di desa kami. Semoga perbaikan infrastrutur bidang pertanian ini bisa memacu para petani dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Madiun,” pungkasnya. (Utg/Redk)

 170 total views,  45 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!