Pelaku Berkedok Penggandaan Uang, Dibekuk Polisi


Banyuwangi, Arya Media – Satuan Reskrim Polsek Songgon, pada 7 Januari 2018, Sekitar pukul 15.40 Wib, menangkap dan mengamankan terduga pelaku penipuan atau penggelapan dengan berkedok bisa menggandakan uang.

Bermula dengan adanya laporan warga bernama Munawir Sajali ( 34 ) Dusun Mulyosari, Rt/01, Rw/02 Desa Bunder, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, No.P/68/XI/2017/JATIM/RES.BWI/SEK.Songgon, Tanggal 23 November 2017.

Hasil investigasi Satreskrim kepada korban Munawir Sajali diperoleh keterangan bahwa, pada tanggal 30 januari 2017 Munawir Sajali mendatangi rumah pelaku bersama Mochamad Mukhyar  untuk berobat. Pada saat selesai berobat pelaku menawarkan kepada Munawir Sajali bahwa kalau ingin cepat kaya, korban di suruh mengikuti ritual dengan persyaratan membeli minyak seharga Rp 5.000.000 ( lima juta rupiah) dan membayar mahar sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) serta melakukan sejumlah ritual dengan menyiapkan 2 guci , uang sbesar Rp.5000 (lima ribu rupiah) 2 kg beras 1/2 meter kain kafan dan 1 butir telur angsa.

Baca Juga :  Sopir Dump Truk Ancam Wartawan dan LSM Pakai Clurit, Lapor Polisi Malah Di Suruh Damai

Kemudian Korban pun menuruti apa yang diperintahkan pelaku, setelah membeli minyak dan membayar mahar, korban disuruh menaruh uang sebesar 5 juta tersebut kedalam guci dan dioleskan minyak yg sudah dibeli. Setelah itu pelaku mengatakan kepada Munawir Sajali, bahwa nanti setelah 41 hari uang tersebut akan bertambah.

Namun kenyataan berbeda, lewat dari 41 hari uang dalam guci tak kunjung bertambah, hanya kata sabar yang didapat saat korban menanyakan janjinya bahwa uangnya akan bertambah. Karena jawaban pelaku tidak memuaskan, akhirnya pada tanggal 23 November 2017 Munawir Sajali melapor ke Polsek Songgon.

Baca Juga :  Camat Perempuan Yang Baru Dilantik, Jatuh Pingsan Saat Pembacaan Fakta Integritas

Pelaku yang bernama Sufyan Sahuri, alias Gus Sofyan, warga Dusun Derwono, Rt/002, Rw/003, Desa Balak, Kecamatan Songgon, Kini sudah pindah tidur didalam jeruji besi, karena telah diamankan Polsek Songgon. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal : 378 dan Pasal : 372 KUH, yaitu tindak pidana penipuan dan penggelapan. (rdy35/redk)

 479 total views,  3 views today

Baca Juga :  Langganan Banjir, Luapan Air Bengawan Solo Genangi 2 Desa Kecamatan Kartoharjo


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!