Pelaku Penggelapan Ditangkap Polisi, Korban Tak Lain Pamannya Sendiri


ARYA-MEDIA, Magetan – Seorang pemuda RAG (32) asal Desa Mrahu Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan Jawa Timur, nekad melakukan penipuan dengan cara penggelapan. Tersangka nekat melakukan aksinya, dengan cara menjual mobil milik pamannya, namun hasil penjualan mobil rtersebut di bawa kabur pelaku. Tersangka RAG berhasil dibekuk jajaran Polres Magetan, pada 5 juni 2020 lalu.

Satreskrim Polres Magetan berhasil menangkap pelaku di Desa Mantegal Kecamatan Parang, Magetan, yang merupakan keponakan dari korban sendiri, yang diketahui sebagai pemilik mobil yang dijual tersangka.

“Korban dijanjikan akan mejualkan kendaraan oleh tersangka, tetapi sampai mobil terjual, uang hasil menjual mobil tidak diberikan justru dibawa kabur,” kata AKP. Wira Raja Pratama, Kasatreskrim Polres Magetan, saat konferensi pers di Mapolres Magetan, Jumat (16/10).

Kejadian bermula dari seseorang yang tiba tiba datang yang mengaku sudah membeli mobil tersebut untuk menagih BPKB. Karena merasa tidak pernah diberikan uang atas penjualan mobilnya, kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

“Korban merasa ditipu oleh ponakannya, lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polres Magetan,” jelas Wira Raja.

Motif pelaku adalah ingin menguasai uang hasil penjualan mobil pamannya sendiri. Berdasarkan keterangan dari tersangka, pelaku nekat melakukan tindakan tersebut karena untuk membayar hutang. “Hasil penyelidikan, korban mengalami kerugian sebesar Rp. 96 juta lebih,” ungkap Kasatreskrim.

Sementara itu, dari penangkapan pelaku petugas berhasil mengamankan 1 buah buku BPKB, satu unit mobil HYUNDAI GRAND AVEGA 1.4 A/T Nopol B 1686 BZM warna putih tahun 2012, satu buah kartu ATM Bank BCA, dan satu buah buku tabungan Bank BCA.

“Akibat perbuatanya, pelaku mendapat ancaman hukuman pasal berlapis, 378 KUHP hukuman penjara selama lamanya 4 tahun, dan pasal 372 KUHP hukuman penjara selama lamanya 4 empat tahun, atau denda sebanyak banyaknya sembilan ratus ribu rupiah.” pungkasnya. (RW/Ren)

 436 total views,  25 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!