Pelatihan E-Learning Bagi Guru Dan Siswa, Manfaatkan ICT Dalam Proses Belajar


ARYA-MEDIA, Magetan – Tim Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Jatim, yang beranggotakan Drs. Kusnarto, M.Si., Arista Pratama, S.Kom., M.Kom., Dr. Endang Sholihatin, S.Pd, M.Pd, dan beberapa dosen serta mahasiswa UPN Veteran Jatim Lainnya, bekerja sama dengan SMKN 2 Magetan dan SMKN Poncol Magetan, dengan menyelenggarakan pelatihan E-Learning kepada guru dan siswa, (30/7/2018).

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang sangat pesat, mendapat sambutan positif bagi masyarakat. Sehingg mendorong tim dari UPN Veteran Jatim menyelenggarakan pelatihan E-Learning di dua sekolah tersebut. Hal itu, bertujuan agar sekolah yang ada di perbatasan antara provinsi Jatim dan provinsi Jateng, bisa menjadi contoh sekolah-sekolah lainnya untuk memanfaatkan ICT dalam proses pembelajaran, yaitu dengan mengimplementasikan sistem pembelajaran e-learning.

Baca Juga :  Literasi Dispersip Probolinggo Naik Signifikan

“E-learning adalah cara pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan media elektronik, seperti Internet atau media jaringan komputer lainnya. Sebagai bahan penyampaian metode ajar maupun interaksi antara siswa dan pengajar. Melalui sistem ini, siswa dapat belajar tanpa terbatas ruang dan waktu.” Ungkap Endang, sebagai narasumber.

Elemen dalam e-learning meliputi beberapa hal yaitu :
1. Berisi bahan ajar (content) dan cara pengajaran (instructional methods) yang membantu proses belajar.
2. Diajarkan secara elektronik (Internet) dengan cara lisan, tulisan, ilustrasi (gambar atau foto), animasi, video atau gabungannya (multimedia).
3. Membantu peserta ajar mencapai tujuan pendidikan untuk meningkatkan ketrampilan dan prstasinya.

Baca Juga :  Aksi Sosial : Caleg Demokrat Lies Kirun Bersama GSPS Gelar Baksos Peduli Tsunami Banten

Lanjutnya, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan (guru dan siswa), meningkatkan interaksi siswa dan guru yang tidak terbatas ruang dan waktu, meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan ICT dalam proses pembelajatan, dan meningkatkan kompetensi dalam proses pendidikan”, tambah Endang

Masih dengan Endang, Penerapan ICT ini dapat memberikan manfaat sebagai Peningkatan nilai akademis siswa. Pembelajaran tidak terbatas ruang dan waktu, melalui penerapan sistem e-learning dapat mewujudkan konsep sekolah berbasis ICT. Memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan efesiensi biaya dalam penyelenggaraan pendidikan. Selain itu ICT ini dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta memberikan kesempatan bagi pembelajar untuk secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar”, ungkpnya.

Baca Juga :  Komsos Pembinaan Keluarga Besar TNI Sebagai Aksi Nyata KBT di Era Kekinian

“Target UPN Veteran Jatim lakukan pelatihan E-Learning adalah meningkatan nilai akademis siswa serta meningkatkan kemampuan guru dan siswa. Penerapan pembelajaran e-learning dapat mewujudkan konsep sekolah berbasis Information and Communication Technology”, pungkasnya. (ren/redk)

 1,219 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!