Pelatihan Simulasi Life Saving Kepada 3 Destana Ngawi


ARYA-MEDIA, Ngawi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Ngawi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, melakukan Kegiatan Simulasi Life Saving (Pelatihan Penyelamatan Jiwa dan Keselamatan Air) yang dilaksanakan selama satu hari di Waduk Pondok Ngawi, Rabu (4/9/2019)

Kegiatan pelatihan tersebut, diisi dengan materi-materi yang dibawakan oleh Tim dari instansi BPBD Ngawi, yang diikuti oleh Destana (Desa Tanggap Bencana) di tiga (3) Desa, sebagai bekal upaya melatih diri dan kesiapan person ketika menghadapi situasi kritis khususnya terkait dengan Water Rescue.

Kepala BPBD Ngawi Prila Yuda Putra, SH. M.Si. mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kompetensi tentang Kesiapsiagaan. Ada dua konsep kegiatan yang dberikan yaitu penerimaan materi tentang kesiapsiagaan bencana dengan ceramah dan diskusi aktif, mitigasi bencana.

“Kami berikan teori tentang cara yang dilakukan oleh para peserta ketika menghadapi cuaca ekstrem, sehingga tidak panik dalam tata cara penggunaan jaket pelampung yang benar. Dan selanjutnya juga diadakan pula simulasi naik prahu,” ungkapnya.

Dikatakan yudha, kegiatan simulasi tersebut difokuskan kepada 3 desa yang terdampak langganan banjir Bengawan Madiun. Dengan memberikan edukasi terkait penggunaan sarana dan prasarana, salah satunya adalah Jaket Pelampung yang Savety.

“Selain itu, diberikan juga pembekalan dalam penyelamatan dan cara menyelamatkan orang lain yang berada di dalam air. Agar tidak mudah panik atau terlalu takut ketika berhadapan dengan suatu bencana,” terangnya.

Sementara itu, Pejabatan Dinkes Kabupaten Ngawi Agus selaku pertolongan pertama gawat darurat mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah Preventif terhadap tangap darurat bencana, apalagi wilayah bantaran yang dilewati Bengawan Madiun, melintasi banyak desa. Sehingga dengan dibekalinya ilmu pengetahuan tersebut diharapkan Kesiagaan dan Kesiapan Destana ketika menghadapi suatu bencana bisa lebih ditingkatkan.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pihak-pihak yang telah mendukung dan mensupport kegiatan ini. Salah satunya adalah induk kedinasan kami yaitu Dinas Kesehatan Ngawi, serta Tim dari BPBD Ngawi yang telah menjadi narasumber di kegiatan ini. Walaupun hanya dilaksanakan selama sehari, tapi setidaknya ini sangat berarti bagi para peserta,” pungkasnya. (Endik)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *