Pembagian BLT DD Kepada 24 KPM, Pemdes Gondang Minta Evaluasi Data Semua Bansos Pemerintah


ARYA-MEDIA, Magetan – Program bantuan Pemerintah dalam menghadapi pandemic Covid-19 di wilayah Kabupaten Magetan, terus bergulir untuk membantu perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Desa Gondang Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, membagikan BLT Dana Desa sebesar Rp. 600 ribu, kepada 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan kategori masyarakat kurang mampu (Miskin). Dari jumlah penduduk sekitar 897 jiwa, Pemerintah Desa Gondang telah mengcofer warga kurang mampu sebanyak 5-10 % dari total DPT.

“Jumlah penerima BLT DD sendiri berjumlah 24 orang, dan untuk BST dari Kemensos sebanyak 41 KPM. Sedangkan jumlah warga yang dikategorikan sebagai penduduk kurang mampu, sekitar 5-10 % dari total jumlah penduduk 897 jiwa. Mereka sebagai penerima bantuan, rata-rata merupakan pekerja lepas dan pekerja harian,” kata Sudaryanto, Kepala Desa (Kades) Gondang, Rabu (20/5/2020).

Kades Gondang menjelaskan, dari semua KPM penerima bantuan, terdapat 3-5 warga Desa Gondang yang layak mendapatkan bantuan. Namun, tidak masuk kategori skor penilaian sebagai masyarakat miskin yang sudah ditentukan oleh Pemkab Magetan.

“Permasalahannya adalah, bagaimana caranya agar warga tersebut supaya dapat bantuan. Karena secara sosial ekonomi, mereka sangat membutuhkan,” ujarnya.

Sementara, dengan adanya bantuan sosial untuk membantu masyarakat terdampak pandemic Covid-19, membuat Pemerintah Desa harus menerima cemoohan dari warganya sendiri, lantaran tidak dapat mengcover seluruh warga yang dikategorikan sebagai masyarakat miskin.

“Warga yang iri pasti ada. Tapi kalau ada orang yangg iri, sayaa beri pemahaman bahwa Pemerintah Desa telah melaksanakan semua bantuan secara transparan. Karena, dari BST maupun BLT DD, semua hasil musyawarah merupakan kesepakatan bersama dan bukan sepihak,” jelas Sudaryanto kepada Arya Media, (20/5).

Selain itu, Sudaryanto berharap kepada Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah pusat, untuk segera melakukan evaluasi ulang dengan memberikan kepercayaan penuh terhadap Pemerintah Desa dalam melakukan pendataan agar tepat sasaran.

Disamping itu, Pemdes Gondang juga memohon kepada Pemkab Magetan untuk menerjunkan tim verifikasi data, supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam hal pemberian Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah.

“Untuk seluruh jumlah bantuan di Desa Gondang sebanyak 159 KPM. 32 diantaranya adalah sebagai penerima bantuan BPNT dan PKH. Ini pun, masih ada warga yang seharusnya dapat bantuan, justru tidak tercover oleh bantuan dari Pemerintah,” pungkasnya. (Ren)

 4,126 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!