Pembinaan dan Pengarahan PDAM Lawu Tirta, Tingkatkan Kinerja Secara Profesional


ARYA-MEDIA | Magetan – Bupati Magetan Suprawoto mengundang jajaran PDAM Lawu Tirta Kabupaten Magetan, untuk diberikan pengarahan dan pembinaan peningkatan kinerja dan profesionalitas bagi karyawan dan staff perusahaan air minum milik Pemerintah Daerah, di ruang jamuan Pendopo Surya Graha, pada Selasa (13/10/2020).

Adapun beberapa masalah yang kini dihadapi PDAM Lawu Tirta, salah satunya adalah krisis sumber air baku yang sering menjadi konflik bagi masyarakat khususnya di sekitar wilayah sumber air. Keluhan lainnya, yakni terkait keterbatasan anggaran pembiayaan oleh PDAM, yang membutuhkan Peraturan Daerah (Perda) terkait modal dana talangan sebagai syarat kententuan bantuan dari APBN.

“Kegiatan ini dilakukan rutin oleh Bupati Magetan untuk memberikan arahan kepada segenap jajaran PDAM sebagai pembinaan. Sehingga masalah-masalah yang dihadapi oleh PDAM, dapat terpecahkan,” kata Choirul Anam, Direktur Utama (Dirut) PDAM Lawu Tirta Magetan, Selasa (13/10).

Sementara, Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan, dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi PDAM saat ini,  adalah bagaimana cara menanggulangi krisis air bersih sebagai modal utama PDAM dalam pendistribusian air bersih kepada masyarakat.

“Kita harus berkomitmen dan konsisten untuk melakukan penghijauan dengan cara pemberdayaan lingkungan sumber air, agar dapat menyelesaikan masalahnya,” jelasnya.

Peningkatan SDM dalam pengelolahan manajemen perusahaan agar berjalan maksimal, PDAM Magetan dapat melakukan rekruitmen pegawai baru untuk mengisi kekosongan jabatan. “PDAM boleh melakukan rekrutmen pegawai baru, tetapi herus transparan dengan sepengetahuan pemkab,” ungkap Bupati Suprawoto, (13/10).

Selain itu, Bupati juga menegaskan, terkait dana talangan bantuan dari APBN, pihak PDAM Lawu Tirta dapat berkoordinasi dengan Baperda Pemkab Magetan untuk segera ditindak lanjuti. “Saya berharap kedepannya PDAM Magetan bisa menjadi lebih baik lagi.” pungkasnya.

Diketahui bahwa, hadir dalam acara, Bupati Suprawoto, Asisten Prekonomian, Direktur utama PDAM, kepala unit dan staf PDAM Lawi Tirta. Sedangkan acara tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran covid-19. (RW/Ren)

 1,011 total views,  25 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!