Pembinaan Solidaritas Ketahanan Nasional Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital


ARYA-MEDIA | Magetan – Dengan memanfaatkan teknologi digital, para pelaku ekonomi harus terus berkreasi agar tetap bertahan dan terus berproduktif. Dalam situasi pandemi covid-19 saat ini sangat berdampak pada sektor industri dan sektor pariwisata dalam ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Magetan.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kab Magetan menggelar Sarasehan Pembinaan Solidaritas dan Ketahanan Nasional Bagi Pelaku Ekonomi dan Pariwisata dengan Pemanfaatan Teknologi Digital, Senin (23/11/2020).

Bupati suprawoto mengatakan, bangsa yang maju, mandiri, sejahtera dan keadilan, dapat diartikan sebagai bangsa yang mempunyai masyarakat yang memiliki kekuatan dalam pembangunan ekonomi, sosial dan politik.

“Pembangunan yang kita programkan harus berlandaskan pada kemampuan pengembangan rakyat, serta berorientasi pada pemberdayaan dan pengembangan segenap potensi yang ada dalam masyarakat,” kata Bupati Magetan.

Perkembangan ekonomi digital, apalagi saat ini perkembangan fintech juga semakin pesat, dapat memberikan peran penting dalam semua bentuk transaksi terutama yang berbasis online. “Setiap krisis dan persoalan, pasti ada hikmahnya. Seperti adanya covid ini, kita sekarang bisa memanfaatkan teknologi agar efisiens dan dapat mempermudah. Para pedagang tidak harus punya toko, di era digital ini bisa melalui online yang bisa di kerjakan dimana saja dan kapan saja,” jelasnya.

Sementara, Plt Kepala Bakesbangpol Magetan, Iswahyudi Yulianto, mengungkapkan, dengan membangun sinergi antara pemerintah dengan pelaku UKM dan kelompok pelaku usaha, dapat membangun kekuatan ekonomi akibat dampak pandemic saat ini.

“Kita ajak pelaku enonomi membangun Cakrawala baru, serta inovasi baru bagi para pengusaha yang terbiasa hanya menggantungkan lokasi dan tempat usaha saja,” terangnya, kepada Arya Media, Senin (23/11).

Menurutnya, dampak dari situasi pandemic covid-19 saat ini, telah merubah para pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi. ”Bisnis tidak hanya di pinggir jalan, atau di pasar dan tempat-tempat strategis, namun dapat dilakukan di rumah untuk mengembangkan inovasi,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, acara tersebut dihadiri oleh Bupati suprawoto, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, Kesra Pemkab Magetan, Kepala OPD terkait, dan para pelaku ekonomi serta pelaku pariwisata di Kabupaten Magetan. (RWY/Ren)

 1,368 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!