UA-163642268-1

Pemdes Baluk Manfaatkan Dana BKKD Untuk Saluran Drainase Lapangan


ARYA-MEDIA, Magetan – Anggaran dana Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Desa (BKKD) dari Pemkab Magetan, dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa, untuk pembuatan saluran drainase di lingkungan lapangan Desa Baluk, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Rabu (3/7/2019).

Pembuatan saluran tersebut, difungsikan sebagai drainase pembuangan air, sekaligus irigasi bagi masyarakat desa yang memiliki persawahan yang ada di desa tersebut.

Kepala Desa Baluk, Jirman Abdul Azis mengungkapkan, pemanfaatan dana BKKD untuk Percepatan Infrastruktur Kecamatan (PIK) ini, sudah melalui tahapan perencanaan Musrembang tahun anggaran 2018. Yang mana, dalam pelaksanaan tahun 2019 ini Desa Bal;uk mendapatkan kucuran dana dari Pemkab Magetan sebesar Rp. 150.000.000,00-.

Baca Juga :  Ibu dan Anak Mengidap Penyakit, Keluarga Petani di Magetan Butuh Uluran Tangan

“Bantuan dana BKKD ini, sudah di Musrembangkan pada tahun 2018 tahun lalu. Dalam perencanaannya, diputuskan untuk membangun drainase di wilayah lapangan Desa. Dan untuk anggarannya, Desa kami mendapatkan dana bantuan sebesar Rp. 150 juta,” kata Kepala Desa, Jirman, Selasa (2/7/2019).

Sementara itu, Sahroni selaku Tim Pelaksana (Timlak) sekaligus Kaur Perencanaan Desa Baluk mengungkapkan, pelaksanaan proyek drainase yang menggunakan anggaran bantuan keuangan dari Kabupaten Magetan, dilakukan dengan cara swakelola yang mengikutsertakan warga setempat untuk bekerja bersama.

Baca Juga :  62 Tersangka Kasus Narkoba Berhasil Diamankan Polres Sidoarjo

“Untuk para pekerja, semuanya berasal dari warga Desa Baluk. Karena semua pekerja disini merupakan petani, yang mana dalam waktu dekat akan menyambut musim panen, maka kami menrgetkan pembangunan drainase harus selesai dalam bulan ini,” terangnya.

Sahroni juga menjelaskan, terkait dimensi volume saluran drainase tersebut, mempunyai volume dengan panjang 194 Meter, dan lebar 120 centimeter. “Untuk lebar atas 60 cm, bawah 40 cm. Sedangkan untuk lebar pondasi, bawah 40 cm, dan atas 30cm, semua itu terhitung mulai dari kemiringan dan penahan agar menjadi kuat,”: jelasnya kepada Arya Media, (3/7).

Baca Juga :  Kepedulian Koptu Suroso Anggota Satgas TMMD Ke-104

Sebagai informasi bahwa, Pemkab Magetan telah mengucurkan dana APBD dari Dana Alokasi Khusus (DAU) melalui Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Desa (BKKD) Tahun 2019, untuk Program Peningkatan Masyarakat dalam Membangun Desa di Kabupaten Magetan. Sebanyak 70 Desa se-Kabupaten Magetan, telah mendapatkan bantuan dari Pemkab, dengan 75 titik kegiatan. (ren)

 2,037 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!