Pemdes Suratmajan Bagikan BLT DD Tahap Pertama Sebelum Lebaran


ÀRYA-MEDIA, Magetan – Sebanyak 102 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), warga Desa Suratmajan Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk membantu masyarakat terdapak pandemi Covid-29. Jumat (22/5/2020).

Bertempat di Balai Desa setempat, warga yang rata-rata dari lansia telah menerima BLT sebesar Rp 600 ribu tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD). Pemberlakuan Physical Distancing, juga diterapkan Pemerintah Desa (Pemdes) Suratmajan sesuai protokol kesehatan.

“Ada 102 warga Suratmajan telah menerima BLT DD tahap pertama. Rata-rata mereka adalah para lansia yang ada di Desa Suratmajan,” kata Wahyu Budi W, Kepala Desa (Kades) Suratmajan Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Jumat (22/5).

Dari ratusan warga yang dikategorikan sebagai masyarakat kurang mampu, pemilihan tersebut ditentukan dengan Musayawarah Desa (Musdes) antara Pemdes Suratmajan bersama masyarakat desa dan tokoh masyarakat Desa Suratmajan untuk ferivikasi. “Acuan kami memakai Perbup 13 tahun 2020 sesuai himbauan dari Pemkab Magetan,” terang Kades Wahyu.

Wahyu menjelaskan, masyarakat Desa Suratmajan adalah rata-rata buruh tani. Sekitar 5-10 % dari jumlah penduduk Suratmajan, semuanya telah tercover bantuan sosial (bansos) Pemerintah, diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, bantuan perluasan BPNT, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Penerima Keluarga Harapan (PKH).

“Untuk pembagian BLT DD kali ini, kita lakukan dengan cara non tunai dengan bekerjasama bank BRI cabang Kecamatan Maospati. Jadi lebih aman untuk menghindari tuduhan pungli,” jelasnya kepàda Arya Media, (22/5).

Sementara itu, Mbah Sukinem (80 tahun) warga setempat, mengucapkan sujud syukur karena telah mendapatkan bantuan BLT DD dari Pemdes Suratmajan. “Saya hidup sendiri, masak ya sendiri, apa-apa juga sendiri. Alhamdulillah sekarang dapat bantuan dari Pemerintah,” ungkapnya.

Diketahui bahwa, Pemdes Suratmajan telah membagikan BLT DD kepada 102 KPM warga kategori miskin. Sebelumnya, Pemerintah Desa juga membagikan bantuan sosial (bansos) Pemerintah seperti BST Kemensos, PKH, BPNT, dan bantuan perluasan lainnya. Dalam mengahdapi pandemi Covid-19, rencana kedepan Pemerintah bakal memberikan bantuan Pengamanan Jaminan Sosial (PJS) sebesar Rp.200 ribu selama tiga kedepan. (Ren)

 5,914 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!