Pemkab Koordinasi Dengan Tokoh Agama Sambut Bulan Suci Ramadhan 1441 H


ARYA-MEDISIA, Magetan – Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1441 /2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, menggelar rapat koordinasi dengan duduk bersama jajaran Forkopimda dan MUI Kab Magetan, serta para ulama dan tokoh masyarakat. Bertempat di Rumah Dinas Bupati Magetan Suprawoto, rapat koordinasi dapat mendapatkan masukan dari berbagai tokoh agama, yang berpedoman dengan keputusan Pemerintah Pusat. Selasa (21/04/2020).

Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M di tengah Pandemi Covid 19, Pemerintah menginginkan suasana ibadah yang penuh berkah ini, dapat dijalankan dengan khusyuk bagi masyarakat Magetan, ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19) yang mewabah saat ini.

“Segala sesuatunya, kita akan mengacu pada keputusan Pemerintah Pusat, sebagai pedoman untuk dalam mengeluarkan kebijakan di daerah. Namun, tentu tetap akan mendengarkan saran-saran dari tokoh tokoh agama dan organisasi Keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, MUI, DMI dan FKUB yang ada di wilayah Magetan,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, Selasa (21/04).

Diketahui bahwa, Menteri Agama Republik Indonesia, telah mengeluarkan SE No 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H, ditengah Pandemi Wabah Covid 19. Yaitu dengan tetap mengacu pada penerapan Phisycal Distancing, serta protokol Kesehatan.

“Semisal dengan meniadakan kegiatan ibadah yang berpotensi mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, yakni Tarawih Keliling, Buka Bersama, Sahur Bersama, semuanya ditiadakan. Ibadah selama bulan Ramadhan, dianjurkan agar laksanakan secara individual atau berjamaah dengan keluarga di rumah. Selain itu kegiatan seremonial juga ditiadakan,” jelas Bupati Magetan.

Bupati Suprawoto berharap, masyarakat dapat lebih selektif dalam menerima informasi, karena makin maraknya informasi hoaxs di berbagai media, di tengah pandemic Covid-19.,” pungkasnya. (Hms/Ren)

 579 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!