UA-163642268-1

Pemkab Luncurkan “WANI BARES” Sebagai Saluran Pengaduan Masyarakat Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat melakukan keluhan, permasalahan, dan pengaduan, terhadap layanan publik, Pemkab meluncurkan saluran pengaduan masyarakat, untuk merespon pengaduan  warga Magetan yang bernama “Wani Bares” (WA Komunikasi Terbuka dan Responsif).

Pemkab Magetan memanfaatkan teknologi digital aplikasi seluler melalui Whatsapp dengan nomor (0812.3117.7772) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) untuk merespon cepat dengan memberikan jawaban terhadap keluhan warganya. Supaya, tidak berkembang menjadi isu yang dapat merugikan citra Pemerintah Daerah Kab. Magetan.

“Memang benar, Pemkab meluncurkan layanan pengaduan masyarakat dengan menggunakan WA, sebagai tempat curhat masyarakat Magetan. Dan Pak bupati memilih nama “Wani Bares” sebagai kata kuncinya,” kata Suwoto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kab. Magetan, Selasa (28/5/2019).

Baca Juga :  Dewan Pers Sepakat Materi UKW Dikemas Sebagai Diklat Jurnalistik
Suwoto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kab. magetan

Suwoto menjelaskan, melirik kejadian yang pernah terjadi sebelumnya, terkait aduan masyarakat kepada pemerintah daerah Kab. Magetan, akhirnya Bupati Magetan melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kab. Magetan, meminta Diskominfo untuk membuat layanan aduan tersebut.

“Era sekarang ini, masyarakat inginnya mengadu langsung ke Pak Bupati. Akhirnya, kami buatkan akun khusus untuk memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin mengadu melalui WA, terkait masalah apa saja yang berhubungan dengan Magetan,” jelasnya.

Baca Juga :  4 Preman Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI AL Diamankan Polisi

Suwoto memastikan, terkait aduan dari masyarakat, nantinya bakal disampaikan kepada Bupati Magetan Suprawoto, untuk memberikan jawabannya. “Kita lihat aduannya apa dulu, misalkan urusan kemiskinan, maka akan kita sampaikan ke Dinas Sosial. Kalau urusannya dengan jalan rusak, maka akan kita sampaikan kepada PU untuk menjawabnya. Dan jangan kuatir, setiap kali ada aduan dari warga Magetan, saya akan sampaikan langsung kepada pak bupati,” ungkapnya kepada Arya-Media, (28/5).

Baca Juga :  Pameran Produk SMA/SMK Double Track, Bupati Magetan Berharap Adanya Pengembangan Sumber Daya Manusia

Diberitahukan bahwa, layanan pengaduan yang diberi nama “Wani Bares” tersebut, memberikan arti bahwa, Pemkab Magetan tidak ada yang harus ditutupi-tutupi, melainkan sebagai keterbukaan informasi kepada publik. Hal ini menunjukkan bahwa, era Pemerintahan Bupati Suprawoto saat ini, menginginkan keterbukaan publik bagi masyarakat, khususnya warga kab. Magetan. (ren)

 5,614 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!