Pemkab Magetan : Gelar Pawai Budaya 2018, Sebagai Ajang Kreasi Pelajar


Sekda Bambang Trianto Saat Melakukan Pembukaan “Pawai Budaya” Secara Simbolis.

ARYA-MEDIA, Magetan – Pawai budaya yang digelar untuk peringati HUT RI ke-73 oleh Pemerintahan Kabupaten Magetan, berlangsung semarak. Terlihat jutaan penonton dari pelosok Kabupaten Magetan bahkan luar Kabupaten yang datang ingin menyaksikan perhelatan Pawai tersebut, Minggu (26/8/2018).

Pawai budaya yang menyedot ribuan penonton itu di antaranya dihadiri, Sekda Kab. Magetan, Forkopimda dan Pimpinan OPD, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, serta Forkopimca Kab. Magetan, serta sejumlah undangan lainnya.

Menurut data yang dihimpun, di ikuti sebanyak 33 sekolah tingkat SLTP dan 23 sekolah tingkat SLTA baik Negeri maupun Swasta seKabupaten Magetan. Dimulai dari GOR Ki Mageti, satu per satu peserta pawai menampilkan kesenian unggulannya sambil berjalan menuju pendopo Surya Graha sebagai finish. Masing-masing tingkat SLTP/SLTA akan diambil lima peserta dengan penampilan terbaik, akan mendapatkan trophy Bupati Magetan dan Piagam serta uang pembinaan dari Pemkab Magetan.

Baca Juga :  Koramil Kapas Karya Bakti Bersihkan Lingkungan

Panitia Pawai Budaya yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Bambang Setiawan menyampaikan bahwa Pawai Budaya yang digelar dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 melibatkan 56 sekolahan yang ada di wilayah Kabupaten Magetan.

Event ini di ikuti seluruh sekolah yang ada di Magetan, mulai tingkat SLTP sampai dengan tingkat SLTA, semua itu dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-73,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya.

Baca Juga :  Minimalisir Rokok Bodong, Pemkab Ngawi Sosialisasikan Ketentuan Di Bidang Cukai

ini dilaksanakan sebagai wahana bagi peserta untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni khususnya bagi para pelajar. Selain itu pawai budaya yang digelar tiap tahunnya ini, sebagai media promosi untuk semua kreasi kesenian dan budaya yang ada di Magetan sebagai pendukung pariwisata Kabupaten Magetan.

“Pawai karnaval ini diselenggarakan tiap tahunnya. Kreasi ini juga sebagai promosi seni dan budaya Magetan, sehingga dapat mendongkrak pariwisata yang ada di Kabupaten Magetan,” jelas Bambang Setiawan.

Baca Juga :  Solidaritas PSH Tunas Muda Winongo Madiun Lakukan Donasi Korban Tsunami

Sementara itu, Sekda Magetan Bambang Trianto, membuka secara simbolis Pawai Budaya di Lapangan GOR Ki Mageti, tepat pukul 14.00 Wib. Ucapan terima kasih kepada seluruh peserta beserta panitia yang telah ikut berpartisipasi dalam acara Pawai Budaya dalam rangka HUT RI ke-73. Diharapkan melalui Pawai Budaya ini nantinya akan terbangun spirit masyarakat untuk terus maju meningkatkan kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Magetan”, tutup Sekda. (ren)

 2,582 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!