Pemkab Magetan Gelontor 335 Juta Lebih Ikon Tugu Nol Kilometer


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur, menggelontorkan anggaran ratusan juta rupiah untuk pembangunan tugu atau taman 0 kilometer yang terletak di kawasan kota.

Tugu yang berada di sebelah selatan SMP 3 Magetan, di sekitar kawasan Jalan Ahmad Yani tersebut, Pemkab Magetan telah menganggarkan sebesar Rp 335,2 juta rupiah.

“Pengerjaannya kurang lebih selama 2 bulan, yaitu sejak 11 Oktober hingga 24 Desember 2019. Dan anggarannya sebesar Rp 335,2 juta,” kata Jojok Djohar Sorianto, Kepala Bidang (Kabid) RTH dan Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Magetan, Jum’at (27/12/2019).

Jojok menjelaskan, tugu nol kilometer sebagai ikon Magetan, merupakan tempat titik awal untuk menghitung jarak dari Kabupaten Magetan ke daerah lainnya. Pemilihan lokasinya pun sesuai koordinat yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat.

“Dari zaman kolonial Belanda dulu, titik 0 Km Magetan letaknya di situ. Nol kilometer itu, titik ukurnya ditarik dari wilayah propinsi, sehingga tidak bisa semabarangan menaruh tempatnya,” ungkapnya kepada Arya Media, (27/12).

Selain itu, keberadaan tugu Nol Kilometer tersebut, agar dapat diketahui seluruh masyarakat khusunya warga Magetan, terkait letak titik awal koordinat wilayah di Kabupaten Magetan.

“Agar diketahui oleh publik, masyarakat Magetan bisa tahu titik letak 0 Km ada dimana, karena kemungkinan banyak yang belum tahu letak keberadaannya,” pungkas Kabid RTH dan Pertanahan Dinas Perkim Kabupaten Magetan.

Diketahui bahwa, tugu Nol Kilometer ini, selain sebagai tanda titik awal penghitungan, juga sebagai sarana untuk menambah wawasan edukasi. (Ren/Redk)

 1,893 total views,  11 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!