UA-163642268-1

Pemkab Magetan Kucuri Desa Dengan Dana BKKD 4,8 Milyar


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Magetan, bakal dikucuri dana segar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dari APBD Dana Alokasi Khusus (DAU) melalui Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Desa (BKKD) Tahun 2019.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab. Magetan, sesuai surat edaran pertanggal 30 April 2019, bahwa Menindaklanjuti Surat Keputusan Bupati Magetan nomor 188/118 Kept./403.013/2019, tentang lokasi dan alokasi dana bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Desa untuk Program Peningkatan Masyarakat dalam Membangun Desa di Kabupaten Magetan tahun 2019.

“Ini memang sudah disiapkan oleh Bupati, kalau tidak salah sekitar Rp 7-8 Milliar dari APBD yang sudah di DAU, bukan untuk OPD tapi memang untuk desa-desa,” kata Iswahyudi Yulianto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Rabu (8/5/2019).

Baca Juga :  Satu Warga Terconfirm Positif Covid-19, Telaga Sarangan Ditutup Sementara

Yulianto menjelaskan, bahwa dana BKKD tersebut akan disebar kepada 70 Desa se-Kabupaten Magetan, yang terdiri dari 75 kegiatan. “Semuanya sudah kita umumkan kepada seluruh Camat untuk segera mengajukan pencairan. Untuk total anggarannya sebesar Rp 4,8 Milliar, dibagi sebanyak 75 kegiatan di 70 desa yang sudah diberikan SK oleh Bupati,” jelasnya.

Baca Juga :  Tak Mau Ketinggalan, Untuk Memperingati HUT RI Ke-73 Desa kwagean Berjalan Santai

Yulianto juga menambahkan, dana BKKD yang segera cair tersebut, harus digunakan untuk merealisasikan sesuai usulan desa, dan juga berdasarkan Peraturan Bupati (Perbub).

“Jadi dana ini harus benar-benar digunakan untuk membangun sesuai usulanya. Sesuai Perbub yang ada sekitar 11 item, antara lain yaitu untuk pembangunan jalan, talud, Jembatan, dan lainnya,” pungkasnya. (ren)

 3,826 total views,  2 views today

Baca Juga :  Bupati Magetan Launching ADM ke-3


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!