Pemkab Magetan : Lounching “Kampung Batik Sidomukti” Sebagai Icon Wisata


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab Magetan, menobatkan Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, sebagai Kampung Batik Sidomukti.

Bertempat di balai Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, kegiatan Lounching Kampung Batik Sidomukti dibuka langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si, bersama Wakil Bupati Magetan H. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd. Kamis (05/12/2019).

10 Bathik Khas Magetan Desainer Ulfa Mumtaza asli dari Magetan.

Dalam acara tersebut, disuguhkan dengan acara Fashion Swoh 11 batik khas Magetan, serta talk show bersama Embran Nawawi S.ds M.s sebagai Fashion Desaigner Educations, dan Ulfa Mumtaza selaku desainer asli dari Magetan, untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada para pengrajin batik yang ada di Magetan (Ngarsa Seratan).

“Karena Desa Sidomukti merupakan kawasan wisata yang dekat dengan Telaga Sarangan Magetan, maka Kampung Batik Sidomukti menjadi sentra jujugan para pelancong wisata Magetan untuk menjadikan icon kedua selain dikenal dengan sentra kulitnya,” kata Sucipto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Magetan, Kamis (05/12).

Sucipto menjelaskan, peresmian Kampung Batik Sidomukti tersebut, bakal disusul dengan pembuatan ‘Toko IKM’ sebagai surfing pejualan bagi para pengrajin batik di Magetan. “Kedepan, kita akan membuat showroom batik dengan nama Toko IKM yang berada di jalan sawo Magetan. Jadi semua hasil pengrajin batik khas Magetan, bakal dijual di toko tersebut, dengan produk unggulan Magetan lainnya,” jelasnya kepada awak media.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menginginkan bahwa, dengan Kampung Batik Sidomukti ini, dapat memberikan inovasi kepada Ngarsa Seratan yang merupakan kumpulan batik khas Magetan dengan motif yang berbeda-beda. “Pemkab akan berupaya membuat ekosistem yang baik melalui batik Magetan, otomatis perekonomian di Magetan akan meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Suprawoto juga menekankan kepada para OPD dan jajarannya untuk mendorong para IKM dan UKM yang ada di Magetan dengan meningkatkan strategi pembinaan, baik kualitas maupun produksivitasnya, sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan produk unggulan daerah yang dapat memicu munculnya destinasi wisata baru.

“Kepada masyarakat Magetan, jadikan kegiatan seperti ini sebagai sarana meningkatkan rasa cinta akan produk-produk daerah sendiri. Jadikan Batik Magetan sebagai jati diri kita, agar terkenal sampai ke pelosok negeri bahkan sampai kanca internasional,” pungkasnya. (ren)

 887 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!