Pemkab Tindak Langsung Gunungan Sampah, Warga Pun Bergembira…


ARYA-MEDIA, Malang – Viralnya berita terkait penumpukan sampah di pasar Lawang, kini terjawab sudah. Keresahan warga RT 01 / RW.01 Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang sudah merasa lega.

Akhirnya warga merasa plong, paling tidak mengurangi bau dan penyakit. Pasalnya warga yang berada di sekitaran Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Lawang tersebut, beberapa minggu ini mengaku resah. Hal itu disebabkan volume sampah yang menumpuk dan meluber hingga ke jalan dan mengeluarkan aroma bau busuk dan sangat menyengat.

Hari ini, Kamis (17/1/2019) tumpukan sampah tersebut dibersihkan dan diangkut menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randuagung Singosari. Nampak bersih dan terlihat alat berat dan armada truck sampah yang sedang aktif bekerja untuk mengakut sampah sampah tersebut.

Baca Juga :  Desa Gondang, Salah Satu Penerima Dana BKKD 2019
Merasa Senang…., Salah Satu Warga Yang Tinggal Berdekatan Dengan TPS

Seperti halnya yang disampaikan salah satu warga yang rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari TPS Pasar Lawang dan kesehariannya berjualan makanan dan minuman di tempat tersebut. Sebut Ibu Umiati (62) warga RT 01, RW 01, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, kepada wartawan mengungkapkan kelegaannya.

”Saya lega dan senang sekali, sampahnya sudah bersih, diangkut semua menuju TPA. Tentunya saya sekeluarga beserta masyarakat disini juga senang, selain sampah tersebut ber minggu – minggu mengeluarkan bau busuk, kami warga disini banyak yang terjangkit penyakit TBC”, ungkap Umiati (17/1).

Baca Juga :  Mobil Tabrak Tiga Motor, 1 Orang Meninggal di Lokasi

Di dekat rumah saya ini, lanjut Umiati. Ada 4 orang yang terkena penyakit TBC, kemudian cucu saya yang masih kelas 1 Sekolah Dasar (SD) kemarin juga mengalami radang, hal itu kami ketahui ketika saya bawa ke Dokter. “Padahal di rumah saya ini tidak ada yang merokok, terus saya bilang kalau dekat TPS sampah, mungkin dugaan di sebabkan tumpukan sampah yang menggunung dan bau tersebut,” terangnya.

”Saya berharap agar tumpukan sampah tidak terus meluber, minimal setiap hari bisa diaangkut. Kalaupun setiap hari cuma diambil 1 kali bahkan kadang gak diambil”, imbuhnya kepada Arya-Media.Com

Baca Juga :  Update Covid-19 Tanah Air : Jumlah Akumulatif Pasien Positif Sebanyak 42.762

Umiati juga menjelaskan, kejadian serupa bakal terus terjadi, ini sudah terjadi kesekian kali dan kerap terjadi. Apalagi volume sampah di TPS ini setiap hari mencapai 2 truk lebih. “Kalau cuma diambil 1 hari sekali atau bahkan gak diambil, maka sampah akan terus menggunung, sehingga timbul penyakit dan tentunya mengganggu keresahan, sehingga berimbas ketidaknyamanan bagi warga sekitar,” pungkasnya.

Nampak wajah bahagia dari warga sekitar yang berada di sekitar area Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tersebut, saat menyaksikan pembersihan dan pengangkutan sampah. Selain itu, nampak juga beberapa Pegawai Pasar Lawang bersama Pegawai Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang yang berada disekitar TPS tersebut. (Pi/ops)

 1,123 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!