Penerima BLT DD Bakal Masuk PKH, DPMD Magetan : “Data Keluarga Miskin Harus Tepat Sasaran”


ARYA-MEDIA, Magetan – Program Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) bagi masyarakat terdampak pandemic Covid-19, bakal dilanjut dengan Bansos periode kedua dengan nominal Rp 300 ribu selama tiga bulan kedepan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magetan, Eko Muryanto mengatakan, bansos Pemerintah berupa BLT DD periode berikutnya, diberkan kepada masyarakat dengan kategori miskin sesuai Perbup Nomor 13 Tahun 2019.

“Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 Tahun 2020, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) bisa melakukan penambahan atau perubahan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Eko Muryanto, Rabu (1/7).

Baca Juga :  Usai Pembukaan TMMD 102, Satgas Kodim 0820 Langsung Bongkar Rumah

Dinas PMD Magetan meminta kepada Pemdes di Kabupaten Magetan, karena sudah memasuki bulan Juli 2020, agar segera menyalurkan BLT DD Rp.600 ribu untuk alokasi bulan Juni. Selanjutnya pihak Desa harus melakukan Musyawarah Desa (Musdes) khusus untuk melakukan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) untuk BLT DD lanjutan.

“BLT DD yang diterima setiap bulan itu sebenarnya bukan harga mati. Artinya, Keluarga Penerima Manfaat bisa berganti ganti. Selanjutnya Pemdes harus melakukan Musdes perubahan PAK ulang untuk mengalokasikan BLT DD lanjutan sebesar Rp.300 ribu selama tiga bulan,” jelasnya.

Baca Juga :  Sesuai Perintah Bupati, Satpol PP Berikan Waktu 3 Hari Untuk Menutup Warem Di Desa Malang

Selain itu, Eko Muryanto mewanti wanti kepada Pemerintah Desa agar validasi data penerima BLT DD harus tepat sasaran. Karena data tersebut akan diusulkan sebagai penerima manfaat dari Progarm Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos. “Data dari desa harus valid sesuai dengan peraturan yang ada, karena akan diusulkan sebagai penerima PKH,” pungkasnya. (Ren)

 7,516 total views,  6 views today

Baca Juga :  Terjaring Razia : Dua Pasangan Bukan Suami Istri Digelandang Satpol PP Magetan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!