Penetapan RPJMDes Tahun 2020-2025 Desa Sumur Songo


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumur Songo, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan Jawa Timur, melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) penetapan Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2020-2025,. Bertempat di Balai Desa Sumur Songo, di mulai pukul 10.30 Wib, Rabu (18/03/2020).  

Kepala Kecamatan Karas Suwito mengatakan, penyusuna RPJMDes wajib dilakukan Kepala Desa (Kades) yang baru, harus rampung menyusun RPJMDes sebagai perencanaan pembangunan 5 tahun mendatang. Hal ini termaktub dalam Pasal 79 UU No. 6 tentang Desa Tahun 2014. Sedangkan alur penyusunan RPJMDes berpedoman pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Perencanaan Pembangunan Desa.

“RPJMDes adalah rencana pembangunan jangka 5 tahun. Selain RPJMDes, Pemerintahan Desa juga harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa yang berlaku untuk satu tahun kedepan. Dan RKP harus sesuai dengan RPMDes yang sudah disusun,” kata Suwito, Camat Karas, Rabu (18/03).

Dijelaskan Suwito, RPJMDes memuat visi misi Kades yang akan dikerjakannya selama memimpin desanya. Supaya pemerintah desa memiliki kerangka berpikir sistematis, terarah dan terukur dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan sosial.

“Dalam RPJMDes, terdapat arah kebijakan pembangunan desa, meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan apa saja kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bakal dilakukan oleh desa,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Subangi mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan tahun pertama bagi Desa Sumur Songo untuk menyusun RPJMDes. Karena pasca pelantikan Kepala Desa periode 2019-2025 maka Kepala Desa yang baru diwajibkan untuk menyusun RPJMDes selambat-lambatnya 3 bulan setelah masa pelantikan.

“Mengingat waktu yang tersisa sangat sedikit, maka Sekdes Sumursongo beserta Tim Penyusun RPJM harus berlomba dengan waktu untuk segera menyelesaikannya. Alhamdulillah saat ini sudah diputuskan dan ditetapkan bersama masyarakat desa,” ucap Kades Rubangi, (18/03).

Dengan penyusunan RPJMDes 2020-2025 ini, dapat menjadikan Desa Sumur Songo bertambah maju, makmur dan sejahtera. “Semoga warga desa Sumur Songo dapat berpartisipasi aktif dalam seluruh proses pembangunan Desa. Sehingga pembangunan di Desa Sumur Songo dapat dirasakan masyarakat semuanya,” pungkasnya. (Ren)

 1,484 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!