Peningkatan Jaringan Irigasi Desa Kebon Agung Melalui P3TGAI


ARYA-MEDIA | Madiun – Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II, merealisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di wilayah Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani, dengan memperbaiki dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di Desa Kebon Agung, Kecamatan Mejayan, kepada HIPPA Mulyo Agung.

Perbaikan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif dengan melibatkan masyarakat sebagai pelaksana dengan penerima program P3TGAI tahun 2020.

Baca Juga :  Penemuan Mayat di Hutan Bojonegoro Merupakan Warga Karangjati Ngawi

Pembangunan ini diletakan pada persawahan Godang dengan panjang 370 meter. Dan anggaran Rp 195 juta yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2020,” kata Ismanan, selaku ketua HIPPA Margo Mulyo, Kamis (22/10).

Saat ditemui dilokasi, Ismanan mengungkapkan bahwa, pembangunan saluran ini berasal dari program P3TGAI, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam situasi pandemi covid-19. “Semua itu sesuai petunjuk dari Kepala Desa Kebon Agung, yang pelaksanaannya dengan sistem padat karya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Magetan Merotasi Kembali Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Agar supaya dapat meringankan warga Desa Kebon Agung yang terdampak pandemi covid-19, pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan cara padat karya, dan tetap mengacu pada RAB teknis untuk menjaga kualitas.

“Program P3TGAI ini sangat membantu desa dalam meningkatkan saluran irigasi, apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, sebagian dana yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dipangkas cukup besar yang mengakibatkan banyaknya rencana pembangunan jadi tertunda,” jelas Alek Susanto. SM, Kepala Desa (Kades) Kebon Agung, (22/10).

Baca Juga :  Polres Tulungagung Amankan Ribuan Botol Miras Berbagai Merk

Selain itu, Alek juga mengucapkan terimakasih atas turunnya program P3TGAI di Desa Kebon Agung. “Ini sangat bermanfaat dalam memperlancar pengairan di sawah. Karena pada saat musim tanam, area pertanian mengalami kekurangan air. Semoga kedepan, tidak akan terjadi lagi petani mengalami kesulitan air,” pungkasnya. (Utg/Red)

 963 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!