Peningkatan Saluran Sumber Mudal, Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Jaringan Irigasi


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Magetan, bagian bidang Sumber daya Air (SDA), melakukan rehabilitasi saluran irigasi di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Proyek tersebut, dikerjakan oleh CV Langgeng Wibowo, dengan nilai kontrak Rp. 198.800.000,-. Dimulai sejak tanggal  7 Nopember 2019, dengan masa pelaksanaan selama 45 hari kalender, didampingi konsultan pengawas CV HASTA GUNA.

“Pekerjaan rehabilitasi saluran tersebut, dimaksudkan untuk mengurangi kehilangan air akibat kebocoran. Karena banyaknya kerusakan pasangan lama, dan sebagian eksisting saluran masih menggunakan saluran alam, dan belum ada lining pasangan,” Terang Yuli K Iswahyudi, Kepala Bidang SDA, Dinas PUPR Magetan, Kamis (28/11/2019).

Untuk efisiensi saluran irigasi, pembangunan konstruksi dengan menggunakan lining pasangan batu kanan dan kiri beserta pasangan lantai. “Dengan kontruksi pasangan batu dan pasangan lantai, mampu meningkatkan efisiensi irigasi sampai pada lahan sawah paling jauh. Dimana saat debit minimum, air tetap bisa dimanfaatkan secara optimal oleh petani untuk menanam,” jelas Yuli kepada Arya Media.

Selain itu, Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan menjelaskan, manfaat debit air Saluran Irigasi Sumber Mudal di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan Magetan, melayani air baku sawah untuk tiga desa.

“Irigasi itu, mengairi sawa di tiga desa, yaitu Desa Pacalan 34 hektar, Desa Getas Anyar 15 hektar, dan Desa Sidorejo 1 hektar,” pungkasnya. (ren)

 789 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!