Pentingnya Apel Siaga Pasukan di Ngawi, Respon Cepat Hadapi Bencana


ARYA-MEDIA |Ngawi – Hujan deras disertai angin kencang, melanda wilayah Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Fenomena alam tersebut terjadi beberapa hari lalu di Kecamatan Paron, Kecamatan Kedunggalar, Kecamatan Mantingan dan Kecamatan Karanganyar.

Kesigapan petugas pasca dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Rencana Tahun 2020-2021 di Lapangan Taman Candi Ngawi  Kamis (19/11) lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi berhasil menanggulangi dan mencegah serta pemulihan bencana yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Ngawi.

“Menurut BMKG wilayah Kabupaten Ngawi, Intensitas hujan tahun ini meningkat ekstrim. Maka dari itu, pentingnya Apel Gelar Pasukan Serentak di Ngawi, menjadi kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi bencana,” kata Kalaksa BPBD Ngawi, Prila Yuda, Jumat (11/12/2020).

Hujan deras yang disertai angin kencang melanda Kecamatan Paron, Kecamatan Kedunggalar, Kecamatan Mantingan dan Kecamatan Karanganyar, menjadi kesigapan petugas dalam penanggulangan bencana terjadi.

“Kerusakan paling banyak menimpa pada kandang sapi dan atap galvalum milik penduduk terbang diterjang angin. Ada juga 3 rumah mengalami rusak parah karena tertimpa pohon yang tumbang. Selain itu, sebanyak 3 rumah yang rusak karena genting dan atapnya terpa angin,” ujarnya kepada Arya-Media, (11/12).

Sebelumnya hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ngawi, juga merendam 30 hektare tanaman padi siap panen di Kecamatan Kwadungan mengakibatkan gagal panen. Tingginya curah hujan pun, membuat aliran Sungai Madiun meluap dan merendam area persawahan milik petani di Kabupaten Ngawi.

“Kami berharap, dengan kesiapan Apel Siaga Bencana tersebut, dapat terus saling berkoordinasi untuk lebih sigap dan lebih bersemangat dalam menghadapi bencana apabila terjadi bencana susulan. Karena bencana merupakan urusan kita bersama,” pungkasnya. (Redk/Endik)

 1,146 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!