Penumpukan Sampah Yang Menggunung Di Pasar Lawang, Berpotensi Penyakit TBC


ARYA-MEDIA, Malang – Tumpukan sampah yang menggunung di pasar Lawang sudah menjadi hal yang tabu. Bau tidak sedap dan terciptanya embrio penyakit TBC seakan tidak terelakkan. Sampah yang berada di TPS Pasar Lawang meluber hingga ke jalan, dan merusak pemandangan bahwa kabupaten Malang sebagai destinasi Wisata.

Seperti halnya yang disampaikan Bu Lis warga sekitar RT 01, RW 01, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, saat dilokasi TPS sampah tersebut.

”Sampah ini sudah lama gak diangkut – angkut, aromanya busuk menyengat hingga ke pemukiman penduduk, warga di tempat kami sekarang banyak yang terkena penyakit TBC, dimungkinkan akibat sampah teraebut, kalau sampai hari ini tidak ada pengangkutan, kami atas warga bersepakat untuk melakukan aksi Demo,” ungkap Bu Lis didampingi beberapa warga lainnya.

Baca Juga :  Pelaku Penggelapan Ditangkap Polisi, Korban Tak Lain Pamannya Sendiri

Sementara itu Camat Lawang Eko ditempat yang sama mengatakan, melubernya sampah disini ini disebabkan karena adanya kemarin libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu, akses jalan yang menuju TPA juga cuma satu, yang menjadi kendala armada kadang ada kegiatan warga disana hajatan sehingga armada kesulitan untuk melintas ke TPA.

“Sampah yang ada di TPS ini bukan saja dihasilkan dari pasar, akan tetapi warga diluar pasar Lawang atau dari sampah perkampungan juga ikut membuang disini, serta Diduga perusahaan perusahaan yang ada di Kecamatan Lawang juga ada yang ikut membuang sampah di TPS ini, makanya sampah disini meluber,” terangnya.

Baca Juga :  Pasiter TMMD-102 Persiapan Karapan Kelinci di Wedusan

Lanjut Camat menjelaslan, “Hal ini memang dalam tanggung jawab kita bersama, kita buang bersama – sama dan kita bersihkan pula secara bersama – sama, selain itu bau saat ini disebabkan adanya hujan, sehingga sampah menjadi bau, kalau kering kemungkinan tidak terlalu bau, hari ini rencananya sampah ini akan diangkut semua ke TPA, ini lagi menunggu armadanya, dan semoga terkait akan hal ini segera terselesaikan,” jelasnya.

Baca Juga :  DPC Demokrat Kerahkan 1.200 Kader Partai Untuk Memenangkan Pilkada 2018

Pemerintah kab Malang kurang tanggap dalam mengatasi sampah yang menumpuk. Bukan suatu alasan armada maupun akses jalan menjadi kendala. Kebersihan sangat di butuhkan warga demi hajat hidup orang banyak.

Sayangnya Kepala UPT kebersihan beberapa hari ini tidak bisa ditemui atau dihubungi oleh awak media, jadi belum ada jawaban dari pihaknya hingga saat ini, Rabu (16/1/2019). (pi/ops)

 1,247 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!