UA-163642268-1

Penyekatan Arus Mudik Jelang Lebaran 2021, Ini Penjelasan Kapolres Magetan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Meminimalisir mobilitas masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2021, Polres Magetan bakal melakukan penyekatan di salah satu titik utama di perbatasan antar Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Dalam penyekatan tersebut juga dilakukan di beberapa titik perbatasan untuk meminimalisir serta memonitor kunjungan masyarakat dalam melintasi perbatasan di kabupaten Magetan.

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana mengatakan, nantinya akan dilaksanakan Oprasi Keselamatan Semeru 2021, untuk menertibkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes), dan keselamatan berlalulintas dalam Operasi Kemanusiaan Ketupat 2021.

Baca Juga :  Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto Gelar "Mojotirto Festival 2019"

“Dalam operasi nantinya, efektif pada pertengahan bulan Ramadhan, dan akan dilakukan penyekatan kepada masyarakat yang akan melintas di perbatasan,” kata Festo, usai Konferensi Pers Pemusnahan Barang Bukti Hasil Ops Pekat 2021, Senin (12/4/2021).

Kapolres Magetan menghimbau, kepada masyarakat yang melintasi perbatasan, harus memiliki surat keterangan bebas dari covid dan juga surat bebas keluar masuk tempat daerah asal.

Baca Juga :  Ucapan MKKS SMK Magetan Untuk Dirgahayu RI Yang Ke-75

“Masyarakat yang akan melintasi perbatasan, harus memilik surat-surat tersebut,” jelas Festo kepada wartawan Arya Media.

Selain itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki surat keterangan bebas Covid dan keterangan tujuan berkunjung, tidak boleh masuk wilayah Kabupaten Magetan. “Yang tidak memiliki kelengkapan surat tersebut, harus balik kanan, atau kembali pulang,” tegas Kapolres Magetan, (12/4).

Sebagai informasi, jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, jajaran Polri akan menggelar Operasi Kemanusiaan Ketupat (OKK) 2021 di 34 Provinsi.

Baca Juga :  Ratusan Polisi Jalani Tes Swab Pasca Bertugas di Pos Penyekatan

Upaya tersebut adalah sebagai langkah Polri dalam merespon larangan Pemerintah bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman, sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan. (Rwy/Ren)

 6,859 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!