Penyelamatan Tim SAR Sikathan, Berhasil Evakuasi Korban Terperosok Dalam Sumur


ARYA-MEDIA, Ngawi – Tim SAR Sikathan Kabupaten Ngawi, harus berjuang keras untuk menyelamatkan seseorang yang tercebur sumur, di halaman samping rumah Edi Sumarno, dengan alamat Jalan Dr Sutomo, RT.014/RW.004, Kelurahan Ketanggi, Kecamatan/ Kabupaten Ngawi.

Penyelamatan tersebut, menjadi tantangan tim SAR berupaya penuh untuk mengevakuasi korban yang tercebut di sumur tua dengan kedalaman 10 meter, sekitar pukul 13.30 Wib, Senin (2/12/ 2019).

Korban diketahui bernama Totok Suharto (46) warga Dusun Plutu RT.003/RW.008, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Korban tercebur sumur karena saat menginjak penutup sumur, tiba tiba beton cor penutup sumur tersebut patah, dan korban langsung terperosok jatuh kedalam sumur tua.

Peristiwa itu, diketahui pertama kali oleh temennya Heru Pariyanta (50), bersama tiga rekan lainnya karena sedang dimintai tolong untuk merapikan ranting pohon di area rumah Edi Sumarno (pemilik sumur red). Kemudian saksi heru berteriak minta tolong kepada warga untuk menolong korban.

“Dengan informasi tersebut, koordinasi dangan Tim BPBD, dan SAR Sikathan, langsung mengevakuasi korban dengan membawa peralatan alat mountenering untuk dilakukan evakuasi,” kata Koordinator Sar Sikathan, Broto Sanjoyo, Senin (02/12).

Dalamnya sumur dan sempitnya lubang serta rapuhnya dinding sumur, menjadi kendala tim SAR Sikathan dalam mengevakuasi korban. Meski demikian, perjuangan berat tim SAR akhirnya membuahkan hasil. Korban bisa diangkat hingga ke atas dalam kondisi selamat.

“Tim SAR berhasil mengevakuasi korban di dalam sumur dalam keadaan selamat. Kedalaman sumur kurang lebih 10 meter dan diameter sekira satu meter. Sedangkan, upaya evakuasi kurang lebih satu jam korban baru dapat diselamatkan,” tukas Broto. (endik/ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *