Penyerahan BLT Dana Desa Kecamatan Poncol Tuntas


ARYA-MEDIA, Magetan – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), 5 desa yang ada di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan telah selesai dibagikan kepada warga dengan kategori masyarakat miskin. Jum’at (8/5/2020).

“Alhamdulillah, wilayah Kecamatan Poncol dari 7 desa sudah terealisasi semua untuk BLT DD nya. Sebelumnya, pada Rabu (6/5) kemarin, baru 2 desa denga total penerima 97 orang. Namun, hari ini sebanyak 5 desa di Kecamatan Poncol telah mencairkan bantuan BLT,” kata Sarengat, Kepala Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jum’at (8/5).

Bantuan BLT dari Dana Desa tahun 2020, telah dibagikan oleh 5 desa di wilayah Kecamatan Poncol. Diantaranya adalah Desa Cileng, Desa Genilangit, Desa Gonggang, Desa Janggan, dan Desa Plangkrongan. Semuanya dilakukan dengan cara tunai atau diberikan langsung kepada penerima.

“Dari 5 desa tersebut, total penerima BLT DD hari ini sebanyak 350 orang. Jumlah penerimanya juga bervariatif, untuk Desa Cileng 61 orang, Genilangit 44 orang, Gonggang 145 orang, Janggan 10 0rang dan Desa Plangkrongan sebanyak 90 orang,” terang Camat Poncol, kepada Arya Media, (8/5).

Selain itu, sesuai himbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, penjaringan warga penerima bantuan dengan kategori miskin, Pemerintah Desa (Pemdes) mengacu pada Perbup Nomor 13 Tahun 2019 sesuai Indikator Lokal Kemiskinan di wilayah Magetan.  

“Dari laporan tiap desa, semuanya sudah melalui prosedur untuk memilih warga yang pantas menerima BLT Dana Desa. Dan penerima BLT DD diberikan kepada warga yang belum tercatat sebagai penerima bantuan lainnya. Jadi penerima BLT DD tidak akan menerima dobel,” jelas Sarengat.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 2 desa di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, sebagai desa pertama yang telah membagikan bantuan BLT DD pada Rabu (6/5) kemarin. Hari ini disusul 5 desa lainnya, juga telah menyerahkan bantuan BLT DD sebagai upaya Pemerintah dalam membantu warga terdampak pandemi Covid-19 di Magetan. Sebanyak 7 Desa di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, telah menyerahkan BLT DD tahap pertama sebesar Rp.600 ribu kepada 447 penerima. (Ren)  

 11,473 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!