Peran Penting Jurnalis Bagi SMKN 1 Geneng Ngawi


ARYA-MEDIA, Ngawi – Menjadi Jurnalistik, bukan hanya pemburu berita. Tapi juga sebagai pemberi ilmu bagi masyarakat luas. Hal ini dilakukan oleh beberapa media Ngawi yang tegabung dari Lentera Indonesia, Pena Rakyat, dan Arya-Media. Gabungn media tersebut, bersama-sama menyalurkan ilmu tentang jurnalisnya kepada siswa-siswi kelas X, SMKN 1 Geneng, Selasa (15/1/2019).

Acara yang berjudul “Pelatihan Jurnalistik dan Kewartawanan” tersebut adalah hasil kerjasama antara pihak sekolah dengan beberapa media Ngawi, untuk mendidik siswa-siswi SMKN 1 Geneng dengan memberikan pengertian dasar dari dunia jurnalis atau dikenal denģan wartawan.

“Pelatihan ini sengaja kami berikan kepada anak didik kami, agar mereka mengerti dan paham, apa arti seorang jurnalis atau wartawan”, kata Sutrisno selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Geneng, (15/1).

Baca Juga :  Pesan Ayahanda Puti Guntur Soekarno, "Kakekmu Juga Orang Jawa Timur"

Kepala Sekolah SMKN 1 Geneng melalui Sutrisno Menuturkan, pendidikan jurnalis diterapkan kepada murid sejak dini untuk mengetahui bahwa seorang jurnalis itu berperang penting bagi masyarakat maupun Bangsa dan Negara. “Profesi seorang wartawan adalah mulia. Selain sebagai kontrol sosial, wartawan adalah sebagai pilar ke empat bagi Bangsa dan Negara”, terangnya.

“Dengan pelatihan jurnalistik, anak didik kami mendapatkan ilmu tentang penulisan berita, sekaligus membentuk karakter siswa tentang informasi dalam menghadapi era digitalisasi”, jelasnya.

Ditempat yang sama, Wixke Zyt selaku wartawan dari Pena Rakyat mengatakan. Sebagai wartawan, selain sebagai fungsi kontrol sosial, jurnalistik dapat memberikan ilmu yang sangat penting bagi orang lain.

Baca Juga :  Semarakkan Ramadhan, Polresta Sidoarjo Bagikan 500 Takjil Gratis

“Kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan pihak sekolah ini, minimal mereka mempunyai pandangan positif kepada seorang wartawan. Selama ini kami banyak dipandang sebelah mata oleh beberapa orang tertentu. Maka dari itu kami juga bisa berperan positif yakni dengan memberikan pelatihan terkait jurnalistik kepada generasi milenial, khususnya siswa-siswi SMKN 1 Geneng ini”, paparnya (15/1).

Disisi lain, Jatmiko sebagai wartawan Lentera Indonesia dengan segudang pengalamnnya menambahkan, dengan kegiatan Pelatihan jurnalistik tersebut, dapat memperbaiki hubungan antar wartawan dengan pihak sekolah, bahwasannya jurnalis juga mempunyai potensi yang sangat besar.

Baca Juga :  Kunker Ke Magetan : Menteri BUMN Tinjau Penyambungan Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu

“Harapan saya, pandangan negatif terkait wartawan akan berbalik menjadi opini yang postif. Selama ini kami dikatakan sebagai pengganggu birokrasi, tapi saya tegaskan bahwa kami sebagai wartawan sebagai kontrol sosial bukan perusuh”, ungkap Jatmiko dengan tegas.

“Kepada semua instansi, khususnya semua sekolah yang ada di Kabupaten Ngawi, mari kita saling bersinergi. Kami adalah pilar ke empat bagi pemerintahan, jadi pertumbuhan suatu pemerintahan sangat dipengaruhi oleh wartawan, karena kita sebagai pemberi informasi bukan perusak reformasi”, pungkasnya. (ren)

 2,542 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!