UA-163642268-1

Percepat Program Pemerintah, 235 Peserta Ikuti Pelatihan Petugas Pengelola Pertahanan Daerah (P3D)


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Sebanyak 235 peserta pelatihan Petugas Pengelola Pertahanan Daerah (P3D), bakal mengikuti pelatihan selama 2 minggu kedepan. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Magetan, Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd., usai mengikuti pembukaan Pelatihan Petugas Pengelola Pertanahan Daerah (P3D) secara virtual, sekitar pukul 13.00 WIB, di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Magetan, Selasa (9/3/2021).

Pelatihan Petugas Pengelola Pertahanan Daerah (P3D), merupakan upaya perbaikan terutama penambahan tenaga untuk mempercepat program pemerintah. Para peserta diberikan pengetahuan terkait hukum pertanahan, tertib tata ruang, serta administrasi pertanahan.

“Setelah dilakukan pelatihan selama 2 minggu, peserta akan melaksanakan on class yang terbagi menjadi 3 kelas. Setiap kelas berjumlah 120 orang yang berasal dari lumajang, tuban, lamongan, malang, dan Probolinggo. Semuanya bakal melalui diklat yang akan berkejasama dengan institut teknologi Surabaya,” jelas Wabup, Selasa (9/3).

Baca Juga :  Program Perbaikan Jalan TMMD 102 Berimbas Pada Sahidin Pemilik Sapi

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Dr. Sofyan. A., Djalil menyampaikan dalam sambutannya bahwa, tugas P3D kedepannya mampu membuat atasi pertanahan di daerah menjadi admistrasi yang tertib, sehingga tidak ada sengketa tanah dan dapat menjadikan jawa timur zero sengketa tanah.

“Tanah terlatar akan diambil oleh bank tanah di gunakan untuk umum supaya tanah dapat memberikan manfaat kepentingan untuk umum, yang dilantik untuk petugas pengelolaan ketahanan tanah daerah dapat menjadi model kalau sudah berhasil akan disampaikan ke Menteri dalam negeri supaya seluruh Indonesia ada petugas pengelola tanah daerah,” tandasnya.

Baca Juga :  Pick Up Tabrak Fuso Sedang Parkir Hingga Ringsek

Senada diungkapkan Kepala BPN Nasional Jawa Timur, Jonahar mengungkapkan bahwa, sebanyak 235 peserta akan mengikuti pelatihan P3D, dilaksanakan secara on class terbagi atas 3 kelas dan bekerja sama dengan ITS (Institut Teknologi Surabaya). “Harapan kami para petugas pertanahan daerah, sebelum PTSL selesai dapat membantu dan dididik untuk membantu tata ruang dan lain lainnya,” pungkasnya. (Rwy/Ren)

 638 total views,  2 views today

Baca Juga :  Kapolri Bersama Panglima TNI Mapping Kebutuhan Masyarakat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!