UA-163642268-1

Perencanaan Embung Pendem, Memasuki Tahap Pengukuran Tanah Pengganti TKD


ARYA-MEDIA, Magetan – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan untuk mengatasi kekurangan air di musim kemarau dengan pembuatan embung, khususnya di wilayah Kecamatan Ngariboyo, tepatnya di Desa Pendem, Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan, sudah mencapai tahapan pengukuran Tanah Kas Desa (TKD).

Perencanaan Dam penampungan air yang diberi nama “Embung Pendem” tersebut, Dinas Perencanaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bidang Sumber Daya Air (SDA), menggunakan luasan total sebesar 3,3 Hektar. Dan projek tersebut bakal dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, dengan pagu anggaran 15 Milyar.

“Perencanaan embung ini sudah dalam proses pengukuran pergantian tanah desa milik bengkok perangkat Desa Pendem, yang tanahnya digunakan dalam perencanaan Embung Pendem”, kata Kepala Dinas PUPR Kab. Magetan, Hergunadi melalui Kabid SDA Yuli K Iswahyudi, Senin (8/4/2019).

Baca Juga :  Semarak HUT RI Ke-74 : Selain Gerak Jalan, Banyak Agenda Bakal Disajikan Kecamatan Gerih

Penggantian Tanah Kas Desa yang dilakukan, harus sesuai dengan tanah bengkok yang akan dijadikan untuk Embung, yakni seluas kurang lebih 2,1 Hektar, baik dari segi luasan maupun produktifitas tanah. “Tahapan pengukuran TKD seluas 2,1 Ha sudah dilakukan pihak BPN Kab. Magetan sebagai tanah pengganti bengkok Desa Pendem”, terangnya.

Yuli menjelaskan, semua hasil pengukuran BPN Kab. Magetan tersebut, akan direkomendasikan ke pusat untuk proses selanjutnya. “Hasilnya itu akan direkomendasikan kepusat, sebagai kajian oleh Konsultan Jasa Penilai Publik (KJPP) dari Jakarta”, jelasnya kepada Arya-Media, (8/4).

Baca Juga :  Hasil Rapid Tes Terhadap Pegawai dan Anggota DPRD Magetan ‘Non Reaktif’

Senada dengan Kusnanto, Kepala Desa (Kades) Pendem, Kec. Ngariboyo, kAB. Magetan, membenarkan bahwa proses pengukuran sebagai pengganti TKD (bengkok) milik salah satu perangkatnya sudah dilakukan oleh pihak BPN Kab. Magetan.

“Memang benar, BPN sudah melakukan pengukuran tanah bengkok perangkat Desa. Alhamdulillah hasil pengganti tanah bengkok juga sesuai dengan tanah TKD yang digunakan sebagai embung tersebut,” pungkasnya. (adv/ren)

 3,855 total views,  4 views today

Baca Juga :  Kapolda Jatim Berikan Penghargaan Polresta Banyuwangi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!