Peringatan Panwaslu : Calon Anggota Legeslatif Harus Publikasi Ke Media, Terkait Statusnya Sebagai Mantan Napi


ARYA-MEDIA, Madiun – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Madiun, memberikan persyaratan secara tegas kepada calon anggota legeslatif DPRD untuk melakukan pengumuman publik terkait status dirinya sebagai mantan narapidana (Napi) ke media. Semua itu wajib dilakukan sebagai syarat dalam pencalonannya sebagai anggota legislatif.

Sedangkan Panwaslu Kota Madiun, mendapati lima orang calon anggota legeslatif DPRD Kota Madiun, yang berstatus mantan napi. Untuk itu kelimanya diingatkan wajib untuk mengumumkan diri di media cetak atau elektronik.

Baca Juga :  Evaluasi Covid-19 Pemkab Magetan : Kendalan Tracking Masih Rendah, Waspada Cluster Keluarga

“Ada lima orang yang berstatus mantan napi yang maju sebagai calon anggota legislatif di Kota Madiun,” kata Kokok Heru Purwoko, Ketua Panwaslu Kota Madiun, Selasa (13/08).

Kokok mengatakan, kelima caleg yang berstatus mantan narapidana itu terlibat kasus narkoba, perjudian, hingga penipuan. Kelimanya diwajibkan mengumumkan diri terkait kasus hukum yang pernah menjeratnya ke media.

Baca Juga :  Membuat Jemuran Darurat Untuk Menjaga Lingkungan

“Sesuai UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, seorang caleg tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 tahun penjara atau lebih. Kecuali secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana,” ungkapnya kepada Prapto pimpred Oposisi.

Lanjut Kokok, Berdasarkan UU tersebut, peraturan KPU mewajibkan caleg berstatus terpidana mengumumkan status dirinya ke media. Bahkan caleg itu tak hanya menunjukkan bukti pemuatan iklan pengumuman di media, tapi harus menunjukkan bukti pembayaran iklan pengumumannya.

Baca Juga :  PUPR Kebut Proyek Jalan Penunjang Akses Menuju Stasiun Magetan

Diberitahukan bahwa, para caleg terpidana akan diberikan waktu untuk mengumumkan diri ke media, setelah dikeluarkannya daftar caleg sementara dari KPU”, imbuhnya. (pra/redk)

 932 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!