Peringati HUT RI Ke-74, Pemkab Magetan Beri Penghormatan Tali Asih Kepada Perintis Kemerdekaan


ARYA-MEDIA, Magetan – Memasuki Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan mengadakan acara Ramah Tamah dengan Para Perintis Kemerdekaan, Purnawirawan, Wredatama, Warakawuri, dan Angkatan 46. Bertempat di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan, Selasa (13/8/2019).

Acara yang dihadiri oleh para pejuang kemerdekaan Bangsa Indonesia tersebut,  merupakan perwujudan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan atas jasa-jasanya dalam memperjuangkan serta merintis kemerdekaan yang tulus ikhlas mengorbankan harta benda bahkan jiwa raga.

Bupati Magetan Suprawoto menuturkan, di usia bangsa Indonesia yang ke 74 tahun ini, bangsa kita belum terlepas dari masalah yang menghimpit terkait upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil makmur. Karena dalam konteks tersebut, banyak warga masyarakat di seluruh tanah air Indonesia masih belum bisa tercapai.

“Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Apapun tantangan kedepan, saya berharap untuk tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dengan tiga pilar, yaitu kemandirian, daya saing, dan peradaban bangsa. Dengan tiga pilar tersebut akan dapat mewujudkan Indonesia yang aman, damai, demokratis, adil, makmur dan sejahtera,” kata Kang Woto nama akrab dari Bupati Magetan Suprawoto, (13/8).

Selain itu, sebagai wujud nyata dan kepedulian Pemkab Magetan kepada para perintis kemerdekaan, pada kesempatan tersebut juga diserahkan tali asih yang diserahkan langsung oleh Bupati Magetan kepada pelopor perjuangan perwakilan dari Persatuan Purnawirawan ABRI (PEPABRI) Kabupaten Magetan.

“Republik ini ada karena perjuangan beli-beliau ini yang sangat luar biasa, dan saya yakin beliau ini juga berjuang di Magetan. Maka dari itu, kewajiban kita adalah menghargai dalam kekinian. Bukan hanya memberikan materi kepada mereka, namun kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan kebenaran akan lebih membanggakan bagi mereka yang telah mengorbankan segalanya bahkan nyawa,” ungkap Bupati Magetan, (13/8).

Sementara, H. Ngalimun selaku ketua PEPABRI Kabupaten Magetan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Magetan dalam memberikan kesejahteraan bagi pensiunan TNI maupun Polri. Pihaknya juga mendukung Pemerintah untuk selalu mengemban bagi Negara Indonesia.

“Kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk bekerjasama dengan instansi terkait dalam mengembangkan gerakan bela Negara dan wawasan kebangsaan (Wasbang) sebagai wujud cinta tanah air Indonesia,” pungkasnya. (ren/hms)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *