Persiapan Pemkab Program Rastra Jadi BPNT


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melakukan sosialisasi dengan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Magetan, yang dibagi dua tahap, yaitu mulai tanggal 13 Agustus s/d 14 Agustus 2018.

Dalam giat tersebut, Pemkab akan memberlakukan bagi Keluarga Miskin yang awal mula menerima bantuan Beras Sejahtera (Rastra), akan diganti dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah pusat. Dan program ini, bekerja sama dengan BNI sebagai pendistribusiannya.

Baca Juga :  Modernisasi Desa Gebyok Di Magetan

Saat ditemui Arya-Media di ruangannya Sucipto mengatakan, Melalui kartu BPNT setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan ditransfer Rp 110.000, per bulan oleh Pemerintah. ”Rastra akan diganti dengan uang yang akan ditransfer melalui rekening masing-masing KPM,” kata Sucipto, Plt Kepala Dinas Sosial Kab. Magetan, Senin (13/8).

Sucipto, SH. M.Hum, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan

Dijelaskan Sucipto, Program ini tentunya lebih memudahkan daripada sebelumnya, karen pendistribusiannya dilakukan secara tunai. Pihaknya melalui BNI akan lakukan pendistribusian kartu BPNT kepada KPM sebelum pelaksanaan Oktober mendatang. Dan bantuan yang telah masuk ke rekening masing-masing penerima, wajib dibelanjakan berupa beras dan telor, di sejumlah agen elektronik- Warung (e-Warung) yang ditunjuk oleh BNI.

Baca Juga :  Sosialisasi Dan Pembetukan Panitia Pengisian Perangkat Desa Botok Untuk Kaur Perencanaan

”Kalau tidak diambil dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut, uang akan kembali ke Kas Negara,” jelasnya.

Setiap KPM tidak boleh dipaksa menukarkan BPNT disalah satu e-Warung. ”KPM bebas belanja dimana saja, tidak boleh dipaksa,” imbuh Sucipto

Sebagai informasi, data di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Magetan, jumlah penerima BPNT sebanyak 45.813 Gakin, tutupnya. (ren/redk)

 954 total views,  10 views today

Baca Juga :  Agar Lebih Efisien, Pilkades Serentak Di Magetan Bakal Terapkan E-Voting


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!