Polres Magetan Lakukan Reka Ulang Adegan Pembunuhan Sukimin Oleh Tersangka


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam menguak kasus pembunuhan Sukimin (korban) yang pertama dikira bunuh diri oleh warga, kini Polres Magetan menggelar rekonstruksi dugaan perkara tindak pidana pembunuhan oleh tersangka Sugiyanto. Bertempat dirumah pelaku dan korban, di Rt.16 / Rw.02, Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kab. Magetan, Selasa (27/11/2018).

Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Riffai memimpin langsung jalannya rekontruksi tersebut mengatakan, dalam rekonstruksi ini Sugiyanto memperagakan 26 adegan. Mulai dari tersangka bangun dari tidur karena naik pitam, kemudian mengambil pisau lipat. Hingga Sugiyanto merangkul tubuh korban dan menggorok leher korban.

Baca Juga :  Sarasehan Bersama Disapora Membangun Magetan, Bupati Harus Pelototi Kinerja OPD

Diberitakan sebelumnya bahwa, berawal korban beberapa kali mengetuk rumah tersangka, sampai dua kali datang kerumah tersangka dan berteriak memanggil-manggil tersangka. Seketika itu tersangka bangun dari tidurnya karena teriakan korban yang berkali-kali, dan mengambil pisau lipat di almari dan berlari menuju rumah korban.

“Rekonstruksi ini ada 26 adegan yang diperagakan oleh tersangka, disitu dijelaskan secara gamblang bagaimana pelaku datang kerumah kroban, sampai kemudian melakukan pembunuhan terhadap korban,” ucap Kapolres Magetan.

Baca Juga :  Gabungan Wartawan Dan LSM Se-Malang Raya Laporkan Oknum Debt Collector Ke Polisi

AKBP Muhammad Riffai juga menjelaskan, dari reka ulang tersebut tergambar bahwa pelaku melakukan pembunuhan berencana dengan cara membungkam mulut korban dengan tangan kiri dan menusuk leher korban sebanyak 1 kali, sampai akhirnya tersangka menggorok leher korban dengan pisau lipat.

“Setelah korban banyak mengeluarkan darah hingga mengenai baju tersangka, tersangka meninggalkan korban dengan meletakkan pisau lipat di samping korban. Dengan maksut menghilangkan jejak, agar saat orang menemukan tubuh korban, akan menduga bahwa korban meninggal karena bunuh diri”, jelasnya.

Baca Juga :  Upaya Pemkab Akan Merelokasi LIK Magetan, Begini Keluhan Warga Yang Tinggal Bersama Penyamak Kulit Desa Mojopurno

Kapolres menambahkan, rekonstruksi dilaksanakan penyidik untuk melengkapi berkas berita acara penyidikan (BAP) dengan dihadiri Jaksa dan pengacara tersangka. “Kasus pembunuhan ini akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Magetan, setelah hasilnya lengkap semua”, imbuhnya.

Sementara, tersangka Sugiyanto juga menyesali perbuatannya yang mengakibatkan Sukimin meninggal dunia. “Tersangka Sugiyanto dikenakan pasal 340 subsider pasal 338 KUHP tentang pembunuhan berencana. Dan diancam hukuman selama lamanya dengan 20 tahun penjara. (redk)

 

 1,392 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!