Polres Temanggung Antisipasi Demonstran PT.Apindo Jaya Makmur


Temanggung, Arya Media- Polres Temanggung Polda Jawa Tengah melakukan pengamanan aksi Demontrasi DPC F HUKATAN (Federasi kehutanan,Industri umum, perkayuan dan pertanian) dengan KSBSI (konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia), Senin(11/12/2017) pukul 09.00 WIB.

Demo yang berlangsung di dua titik tersebut, diikuti kurang lebih 100 orang, yaitu dalam rangka menuntut hak-hak karyawan PT. Apindo Jaya Makmur (PT. AJM) yang belum dibayarkan, THR tahun 2017 serta pesangon yang telah disepakati akan di bayar pada tanggal 25 Oktober 2017, tetapi sampai saat ini belum juga di bayarkan dan belum ada kejelasan.

Titik kumpul pertama, di jembatan lama Taman Kali Progo Kranggan Temanggung, titik kedua terpusat di Kantor Disnakertran Kabupaten Temanggung, hingar bingar yang terdengar ramai, adalah dari pendemo yang membawa bendera Merah Putih serta peralatan soud system dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat.

Adapun tuntutan yang disampaikan oleh perwakilan pendemo adalah, pembayaran secara tunai kekurangan upah  karyawan, THR tahun 2017, dan pesangon untuk karyawan PT. AJM, yang telah disepakati tanggal 25 Oktober yang sampai saat ini belum terealisasikan.

Demonstran yang berkumpul di halaman Kantor Dinaskertran Kabupaten Temanggung, akhirnya ada kesepakatan pertemuan antara pendemo dan perwakilan dari perusahaan, yang dimediasi dari Dinas terkait.

Hadir dalam mediasi tersebut , Kadisnakertran Kabupaten Temanggung Suminar Budi, Disnaker Amin Sudibyo, Satwasker Magelang Sutar Widigdo, Kapolsek Kota Temanggung AKP Bambang, Kasat Sabhara Polres Temanggung AKP Imam S, Perwakilan dari (PT. AJM) Masykur Rohmat, serta beberapa perwakilan dari buruh diantaranya ,Yulianto, Anggar Arum, Nurkolis, Taufiqurohman juga perwakilan dari Hukatan , Wahyudi , Purhadiyo, Pujiyono dan dari LSM LINMAS Yakobus.

Setelah perwakilan demonstran  menyampaikan tuntutannya, perwakilan dari PT. AJM, Masykur Rohmat menyampaikan, “Pihak perusahaan bersedia membayar hak-hak karyawan sejumlah RP 107.680.250, dan apabila sebelum tanggal yang ditentukan PT. AJM sudah terjual maka dari pihak perusahaan akan membayar langsung secara lunas” janjinya kepada pendemo.

Pada akhirnya, demo yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB berjalan dengan tertib, aman, serta kondusif, setelah tuntutannya di terima oleh pihak perusahaan, maka para pendemo membubarkan diri dengan tertib. (Bud/Red)

 2,451 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!