UA-163642268-1

Polresta Sidoarjo Raih Kembali Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019


ARYA-MEDIA, Sidoarjo – Inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo, yakni SKCK Online dan SKCK Keliling Online, berhasil meraih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dalam acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019, di Ballroom Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, kamis (18/7/2019).

Melalui pengurusan penerbitan SKCK secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusan. Birokrasi berhasil di pangkas, sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat 10 menit, karena pelayanan lebih mudah karena sistem pelayanannya sudah berbasis IT menggunakan layanan berbasis web dan mobile.

Pembayaran pun dilakukan secara non tunai bekerjasama dengan lembaga perbankan sehingga dapat menghilangkan terjadinya penyimpangan (pungli). Sentra pelayanannya tdk hanya berada di Polres dan Polsek saja namun juga di Mall Pelayanan Publik dan Pelayanan Publik Terpadu. Pelayanan ini, di dukung mobil operasional SKCK Keliling Online yang dapat melayani dan menjangkau masyarakat di pelosok pedesaan maupun titik-titik keramaian di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. Dan database catatan kriminal juga sudah terhubung dan terintegrasi dengan Pengadilan Negeri setempat sehingga datanya lebih akurat. Tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani juga dapat di ketahui secara realtime melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) online yang ada.

Baca Juga :  Korem 083/BDJ Gelar Apel Pasukan Pamwil dan evakuasi IMF WB Annual Meetings 2018

Melalui berbagai terobosan tersebut, Polresta Sidoarjo layak mendapatkan kembali penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 setelah pada tahun sebelumnya 2018 di Surabaya juga menerima penghargaan yang sama. Keberhasilan ini tidak mudah di raih karena harus bersaing dg 3.156 layanan publik yang mendaftar dan diseleksi oleh Tim Panel Independen yang di ketuai oleh Prof Dr JB Kristiadi.

Baca Juga :  Update 30 Juli 2020: Bertambah 2 Warga Magetan Positif Covid-19

Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 tersebut, diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin kepada Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Toni Harmanto, dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polres Banyuwangi Polda Jatim juga berhasil meraih penghargaan yang sama melalui BARISAN SIAP.

Baca Juga :  Persiapan Penyambutan Tim Wasev Mabes TNI Di Lokasi TMMD-104

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 mengatakan, berterima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi dan dukungan terhadap inovasi layanan publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online yang telah dilakukan Polresta Sidoarjo.

“Diterimanya kembali penghargaan ini, sebagai bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada kami di Polresta Sidoarjo, sehingga semakin memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata lulusan Akpol tahun 1997. (bag/redk)

 961 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!