google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

PPKM Mikro Jawa Timur Berlaku 9-22 Februari 2021, Polda Jatim Targetkan 7.043 KTS


ARYA-MEDIA | SURABAYA – Jajaran Forkopimda Jawa Timur, yang terdiri dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, dan Satgas Covid-Jatim, menggelar rapat koordinasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Senin malam (8/2/2021).

Dalam rapat PPKM Mikro tersebut, juga diikuti seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten/Kota se-Jawa Timur secara virtual. Mereka berkesempatan menyampaikan permasalahan atau penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, PPKM Mikro akan dilakukan pada tanggal 9 sampai dengan 22 Februari 2021 mendatang, yang berbasis pada RT / RW, dan Poskonya ada di Desa.

Sesuai data pemetaan yang dilakukan Polda Jatim, menyisir RT sebanyak 210 masuk kategori zona merah, orange 1.245, Kuning 10.023, dan zona hijau sebanyak 81.730. Semunaya tersebar di 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur.

Baca Juga :  Quick Count Pilkada Ngawi Dimenangkan Mutlak Pasangan OK

“Oleh karena itu, maka koordinasi dengan Kabupaten Kota memang menjadi penting, untuk membreakdown secara lebih detail. Karena zonasi itu sangat detail sekali. Update zonasi di masing-masing Kabupaten Kota, perhari ini Kabupaten Madiun dan Trenggalek masuk dalam zona merah, namun update permalam ini kabupaten tersebut tidak lagi zona merah tapi Jombang dan Mojokerto. Begitu juga nanti di RT dan RW, ” kata Gubernur Jatim, Senin (8/2).

Gubernur Jatim berharap, PPKM Mikro berjalan secara efektif. Semuanya harus membatasi dengan kriteria-kriteria tertentu, dengan prosentase dan jam tertentu, serta area tertentu.

“Efektivitas PPKM Mikro harus lebih signifikan. Rencananya Kamis depan akan menggelar apel bersama seluruh jajaran. Sehingga, seluruh Kabupaten atau Kota akan berinergi, supaya lebih signifikan lagi,” jelas Gubernur Khofifah.

Sementara, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan akan memperkuat Babinsa untuk Mendukung program PPKM Mikro meliputi Tracing pasien. Serta mendukung PPKM Mikro di Desa dengan melakukan pembentukan posko, penegakan disiplin, penerapan SOP, serta sosialisasi.

Baca Juga :  Gelar Aksi Solidaritas, Mahasiswa IMM Minta Usut Tuntas Pelaku Penembakan Randi dan Yusuf

“Keberhasilan PPKM adalah berhasilnya pelaskanaan testing dan melakukan input data perkembangan secara Rill.” Ucapnya saat Rapat PPKM Mikro di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/2).

Di tempat yang sama, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, mendukung penuh upaya penekanan angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur. Yakni dengan Pemberlakuan PPKM berskala mikro, dan melakukan upaya pemetaan zonasi di daerah dengan skenario pengendaliannya.

“Optimalisasi Kampung Tangguh Semeru (KTS) sudah terbentuk sebanyak 3.449 yang sebelumnya hanya 2.906. Rencananya minggu depan akan menambah 2.104 KTS. Jika dihitung dari jumlah Polres sebanyak 39, dalam satu minggu akan menambah 50 sampai dengan 100 KTS. Sehingga dalam satu minggu akan terbentuk 5.603 KTS di Jatim,” jelas Kapolda Jatim.

Baca Juga :  Desa Karangsari Mewakili Penilaian Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Ngawi

Menurutnya, berdasarkan informasi, pengalaman, analisa dan evaluasi, ternyata KTS sangat efektif dalam penanganan Covid-19. Karena dalam 100 hari dari tiga bulan sekarang, akan menjadi 7.043 KTS. “Kami juga akan memberikan edukasi, karena Jawa Timur berbasis islam kultural, sehingga kami menindak lanjuti arahan dari bapak mentri agama, untuk bekerja sama dalam mensosialisasikan protokol kesehatan melalui kegiatan agama, khususnya di hari Jumat,” papar Nico, (8).

Selain strategi preemtif, Polda Jatim bakal melakukan strategi preventif dengan pembagian masker, dan strategi penindakan hukum melalui operasi yustisi. “Dengan bekerja sama dengan TNI dan Satpol PP, tentunya akan melaksanakan PPKM dengan penerapan RT yaitu Merah, Orange yang menjadi utama kami.” pungkasnya. (Redk)

 145 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!