PROGRAM “PENTAS CERMAT”, Pemkab Magetan Lounching Tanda Tangan Digital


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magetan, melaunching program Pelayanan Perizinan Berkualitas yang cepat, Transparan, Mudah dan Akurat (Pentas Cermat), Jum’at (29/11/2019).

Dengan menggunakan tanda tangan digital yang berfungsi sama dengan tanda tangan biasa pada dokumen kertas, program Pentas Cermat akan memudahkan perijinan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun oleh seluruh masyarakat Magetan.

“Tanda tangan digital ini alhamdullilah kita yang mengawali, ini akan mempermudah kita mengurus perizinan yang seharusnya memang mudah,” kata Bupati Magetan Suprawoto, (29/11).

Bupati mengatakan,tanda tangan digital tersebut akan disambungkan pada OPD-OPD terkait, agar proses perizinan dapat terpantau dan terkoneksi antar sesama OPD sehingga lebih cepat mengambil tindakan. “Kedepan tanda tangan digital ini saya minta terkoneksi dengan Satpol PP, agar semua pelanggaran cepat ditindak,”ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala DPMPTSP Kabupaten Magetan, Sunarti Condrowati membeberkan, keunggulan tanda tangan digital dalam program Pentas Cermat tersebut, pemohon tetap akan mendapatkan berkas perijinan, meski Kepala dinas berada diluar kota, bahkan Luar Negeri.

”Sekarang tidak akan ada hambatan, karena kita terapkan tandatangan elektronik, ” ungkapnya.

Selain itu, dengan tanda tangan digital tersebut, dapat menghemat penggunaan kertas menjadi lebih irit kertas. Sehingga tidak akan ada lagi pnumpukan berkas di meja kantor. “Dimanapun kita tetap bisa tanda tangan. Sehingga, dapat membuat pengeluaran biaya kertas semakin irit, karena tidak akan ada lagi yang namanya tumpukan berkas,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Magetan, Jumat (29/11).

Sebagai informasi, DPM – PTSP Kabupaten Magetan memiliki berbagai macam layanan untuk masyarakat diantaranya, Pelayanan Perijinan Keliling (Pepeling) yakni Layanan penerbitan Ijin secara Mobile disejumlah lokasi. Layanan Antar Ijin Khusus (LA-ZIK) yakni layanan antar berkas perijinan kepada Difabel, Lansia serta pemohon dalam kondisi tertentu, dan Weekend Servis yakni pelayanan permohonan ijin pada hari Sabtu. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *