Program PISEW : Jalan Telford dan Talut Bermanfaat Bagi Petani Kecamatan Dagangan


Arya Media, Madiun – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Kadat Karya Tunai, sangat menguntungkan bagi masyarakat khususnya para petani.

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) melalui bidang Cipta Karya, dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (Kabupaten, Kecamatan dan Desa), serta memperbaiki kelembagaan masyarakat di Desa.

Tahun 2019, Kementrian PUPR menganggarkan Rp 540 Miliar, untuk 900 Kecamatan yang terbagi sebanyak 2.309 Desa. Kabupaten Madiun, terdiri dari 15 Kecamatan telah mendapatkan program tersebut. Seperti contoh di Kecamatan Dagangan, terdapat dua (2) Desa yakni Desa Dagangan dengan pembangunan jalan TEFORD,dan Desa Jetis untuk pembangunan Talud /TPT denga nilai sebesar Rp 590.000.000,- dengan waktu pelaksanakan 26 maret 2019 s/d pelaksanakan Talud /TPT.

Foto : Pembangunan Talut Di Desa Jetis, Kecamatan Dagangan, Kab. Madiun.

Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Dagangan, ketua Heru Budi Cahyono. Mengatakan, pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Memang ada kendala kecil tetapi tidak mempengaruhi jadwal pelaksanakan. Semisal harus ngantri mesin Wales karena memang banyak Desa yang membutuhkan,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Dagangan, Rudi Panca Widadi dan Kepala Desa Jetis Suprapto dikonfirmasi bersamaan saat rapat koordinasi di kantor Kecamatan Dagangan, mengatakan, Mereka sangat puas dengan pelaksanakan PISEW yang dilaksanakan oleh BKAD di Desanya. Ucapan terima kasih dari kedua Kepala Desa tersebut atas diterimanya Program PISEW untuk Desa Dagangan dan Jetis.

“Pembanguan ini sangat diperlukan khususnya para petani di desa kami, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya jalan tersebut, dapat mempermudah pengangkutan pupuk maupun hasil pertanian di Desa,” ungkapnya.

Selain itu, kepala desa Dagangan Rudi Panca Widadi berharap, program seperti ini dapat bekesinambung untuk kedepannya,” imbuhnya. (utg/adv)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *