Proyek Gas Nasional ESDM Di Probolinggo Semakin Gak Jelas


ARYA-MEDIA, Kota Probolinggo – Proyek Gas Nasional di kota Probolinggo, di rencanakan sebanyak 5.025 sambungan pipa yang nantinya langsung masuk ke rumah tangga warga. Jaringan pipa gas tersebut berada di kedalaman satu meter.

Jaringan pipa gas Nasional merupakan program baru konversi (pengalihan) dari tabung gas ke pipa gas langsung masuk rumah tangga. Dengan maksud dan tujuan di buat lebih ringkas efisien dan lebih murah lagi.

Proyek tersebut berasal dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang di mulai pada pertengahan tahun lalu. Nantinya warga tidak perlu lagi bolak balik beli gas tabung, tinggal menyalakan langsung.

Baca Juga :  Korban Berjatuhan Saat Demo, Indikator Gagalnya Program Promoter Polri

Dari pantauan tim media, proyek gas tersebut lebih banyak berada di kelurahan Jati dan kelurahan Mangunharjo. Di beberapa titik lokasi rumah warga sudah nyala, lengkap terpasang meteran dan kompor gas sudah di sesuaikan. Sehingga warga tinggal menggunakan gas tersebut.

Namun di titik yang lain, masih belum bisa berjalan dan menjadikan ke khawatiran jika proyek gas tersebut tidak akan berlanjut alias mangkrak. Terkesan jika proyek tersebut di gagalkan pemerintah dan tidak akan berlanjut.

Baca Juga :  Satreskrim Polsek Jombang, Amankan Pengedar Pil Dobel L

Jawaban dari pihak Pemkot melalui kabag Perekonomian  Aawan K, menjelaskan bahwa pihak pemkot hanya mediator antara pihak kementerian dengan warga.

Usulan sudah tersampaikan, jika pihak kementerian maupun pelaksana proyek sebaiknya mengajak kerjasama pihak RT/RW setempat, sehingga ada proyek tersebut menjadi jelas tahapannya.

Apalagi ketika Dirjen Kementerian datang dan meresmikan proyek gas nasional tersebut di kota Probolinggo, belum mampu menjawab pertanyaan dari warga yang belum bisa merasakan program pipa gas tersebut.

Baca Juga :  Tiga Orang Digrebek Polisi Saat Pesta Sabu Di Rumah

Mengingat pula bekas galian pipa gas yang di tinggal rusak begitu saja tanpa ada pembenahan, sangat mengganggu kenyaman berkendara. Belum lagi bekas galian yang masuk di halaman rumah.

Hal-hal tersebut masih belum terjawab pasti oleh pihak pelaksana proyek gas nasional baik secara tertulis maupun secara langsung. (agg/ops)

 727 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!