Puluhan Ribu Lebih Pemilih Sementara Bermasalah, KPU Desak Disdukcapil Lakukan Rekaman Data E-KTP


Tulungagung, Arya Media — Menjelang Pilkada 2018, Ditemukan ada sekitar 21.741 Jiwa pemilih yang belum memiliki E- KTP, Namun sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara. Temuan yang mengejutkan ini, secara langsung disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung Suprihno .

Adanya temuan dengan jumlah cukup signifikan di Kabupaten Tulungagung, dan KPU akan segera mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar melakukan perekaman data E- KTP, Rabu (13/ 03 /2018).

Baca Juga :  Update Covid-19 Magetan : 12 Pasien Dinyatakan Sembuh, Bertambah 8 Orang Magetan Terconfirm Positif

”saya berharap Dinas terkait segera menindaklanjuti temuan ini, dan saya berharap agar sesegera mungkin untuk akurasi data kependudukan untuk jiwa pilih di Tulungagung”, ucap Prihno kepada media.

Menurut Suprihno, temuan tersebut diduga ada masalah dengan dokumen kependudukan, salah satunya pernah pindah tempat, lalu kembali ke Tulungagung namun tidak mengurus dokumen kepindahanya, atau pendatang dari daerah lain yang belum mengurus dokumen kepindahanya,” terang Suprihno.

Baca Juga :  Penangkapan Kurir Sabu 400 Gram, Di "Dor" Kedua Kakinya

Ditambahkan, jika daftar nama pemilih non KTP Elektronik sudah ada pada data base Dispenduk capil, maka bisa ditetapkan sebagai Pemilih Sementara (DPS). Namun sebaliknya jika belum, maka akan dicoret dari DPS.

Seperti diketahui, jumlah Daftar pemilih Sementara di Tulungagung sebanyak 852.116 jiwa. Dengan adanya temuan ini , Masyarakat diharapkan aktif, agar dikemudian hari tidak mengganggu pelaksanaan Pilkada. (ctr/Eko/Redk)

 215 total views,  3 views today

Baca Juga :  Honorer K2 di Blitar Mogok Kerja, Protes Batasan Usia Seleksi CPNS 2018


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!